kuping kiri

10 Hari 15 Motor Raib di Tegalgubug, Anggota Banser Inisiatif Patroli Rutin

10 Hari 15 Motor Raib di Tegalgubug, Anggota Banser Inisiatif Patroli Rutin

Cirebonplus.com (C+) – Aksi pencurian sepeda motor (curanmor) di Desa Tegalgubug dan Tegalgubug Lor, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon mengkhawatirkan. Hanya dalam sepekan, belasan motor raib dibawa kabur pencuri.

Data yang dihimpun Cirebonplus.com, dalam sepuluh hari terakhir, sedikitnya 15 sepeda motor milik warga dua desa serumpun dimaling. Curanmor terakhir terjadi Senin (11/2) sekira pukul 08.30, sepeda motor N-Max milik Mira Permatasari, warga Blok Rembes Desa Tegalgubug yang sedang diparkir di depan rumah hilang.

Langkah inisiatif pun digagas elemen masyatakat, seperti dilakukan Satuan Kordinasi Rayon (Satkoryon) Banser Ansor Kecamatan Arjawinangun. Bersama  aparat Bhabinkamtibmas Desa Tegalgubug, anggota Banser secara bergilir menggelar patroli ke jalan dan gang perkumiman selama 24 jam.

Tak hanya itu, Banser dan Bhabinkamtibmas juga upaya pencegahan melalui sosialisasi dan memperingatkan warga agar waspada terhadap aksi curanmor melalui pengeras suara masjid dan musala secara berkala.

Kepala Satuan Kordinasi Rayon (Satkoryon) Banser Ansor Kecamatan Arjawinangun, M Syukron mengatakan, patroli bersama dilakukan guna mempersempit gerak pelaku curanmor di dua desa. Pasalnya, aksi pencurian kendaraan roda dua itu sudah meresahkan warga.

Dikatakan, pencurian sepeda motor hampir terjadi setiap hari. Berdasarkan kajian lembaganya, 80 persen terjadi saat pagi hingga siang hari.

Aksi curanmor juga tergolong berani, pasalnya tidak hanya beraksi saat rumah kosong atau sepi, tetapi juga saat sedang ramai.

Pihaknya melakukan kamtibmas dengan berpatroli ke jalan-jalan, gang kecil, dan besar dengan cara bergantian sesama anggota Banser. Ia  berharap aksi ini dapat meminimalisir pencurian motor. (Mahbullah/C+3)

Related posts