kuping kiri

105 Sekolah Sudah Dapat Penghargaan Lingkungan, Bupati Ingin Diperluas ke Institusi Lain

105 Sekolah Sudah Dapat Penghargaan Lingkungan, Bupati Ingin Diperluas ke Institusi Lain

Cirebonplus.com (C+) – Forum Musyawarah Sekolah Berbudaya Lingkungan (Adiwiyata) Kabupaten Kuningan periode 2018-2021 dikukuhkan oleh Bupati Kuningan, H Acep Purnama, Senin (8/10). Forum ini akan membantu untuk meningkatkan kualitas lingkungan sekolah yang ada di Kota Kuda.

Pengukuhan dilakukan Bupati Kuningan, H Acep Purnama terhadap Drs H Sudrajat MMPd sebagai ketua forum beserta para pengurusnya. Pengukuhan dilakukan dalam apel pagi di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda).

Pembentukan tersebut merupakan tindak lanjut dari amanat Peraturan Menteri Lingkungan Hidup (Permen LH) Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata dan Keputusan Bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0142/U/1996 tentang Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup.

Di Kuningan Forum Musyawarah Sekolah Berbudaya Lingkungan/Adiwiyata sudah berdiri sejak empat tahun lalu. Hal ini sangat mendukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan sebagai kabupaten konservasi.

Dalam sambutannya Bupati Acep menjelaskan, di Kuningan sudah ada 105 sekolah dari berbagai jenjang yang sudah mendapatkan penghargaan baik dari pemkab, provinsi, dan nasional sebagai sekolah berbudaya lingkungan.

Di bawah kepemimpinan H Sudarajat, kata Acep, Forum Musyawarah Sekolah Berbudaya lingkungan diharapkan akan terus melakukan inovasi dan terobosan guna menciptakan sekolah-sekolah yang berbudaya lingkungan. Ia juga menyarankan agar tidak hanya sekolah yang diciptakan menjadi berbudaya lingkungan, tetapi perkantoran dan taman-taman yang ada di Kabupaten Kuningan serta fasilitas umum lainnya dapat dijadikan tempat dengan budaya lingkungan agar lebih nyaman dikunjungi.

“Terlebih H Sudrajat merupakan peraih penghargaan Kalpataru kategori pembina lingkungan, peraih Kuningan Award 2017 bidang lingkungan. Untuk itu saya percaya akan membawa Kuningan menjadi kabupaten berbudaya lingkungan yang aman, nyaman, dan rindang,” ujar Acep.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan hadiah kepada para pemenang lomba penggunaan pangan pituin (pangan lokal) yakni juara 1 Dinas Koperasi dan UKM, juara 2 Dinas Kesehatan, juara 3 Dinas Pertanian. Juga diserahkan piala serta penghargaan kepada pemenang lomba penilaian dan penataan kearsipan SKPD se-Kabupaten Kunigan yang diraih juara 1 Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, juara 2 Sekretariat Daerah, juara 3 Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata. (Ril/C+4)

Related posts