kuping kiri

143 Calhaj KBIH Annasher Dilepas, KH Mujib Nasirudin: Semua Harus Saling Membantu

143 Calhaj KBIH Annasher Dilepas, KH Mujib Nasirudin: Semua Harus Saling Membantu

Cirebonplus.com (C+) – Pemberangkatan gelombang dua rombongan calon jamaah haji (calhaj) Kabupaten Cirebon dilakukan Senin malam (31/7). Di antara calhaj yang berangkat berasal dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Annasher Kaliwadas, Sumber.

Jamaah berangkat dari Asrama Pondok Pesantren (Pontren) Tarbiatul Banin pada pukul 24.00. Mereka dilepas oleh Pengasuh Pontren Tarbiatul Banin KH Mujib Nasirudin.

Kepada para calhaj KH Mujib Nasirudin berpesan agar saling membantu satu dengan lainnya. Ia berharap semuanya bisa kembali tanpa kurang satu apapun dan menjadi haji atau hajah mabrur mabrurah.

Jamaah KBIH Annasher yang berangkat sebanyak 143 orang dan menggunakan empat bus. Setelah berkumpul di Asrama Pontren Tarbiyatul Banin, rombongan kemudian bertolak ke Asrama Haji Watubelah untuk selanjutnya menuju Embarkas Bekasi.

Salahsatu yang ikut bersama rombongan KBIH Annasher adalah mantan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, dr Ahmad Qoyyim. Ia bertindak selaku pembingbing haji.

Menurutnya, jamaah haji asal KBIH Annasher sudah mengikuti pelatihan manasik haji dan mepersiapkan berbagai kebutuhan saat pelaksanaan ibadah haji. Selain kebutuhan materil, anggota rombongan juga sudah memeriksakan kesehatan, sehingga layak diberangkatkan.

“Itu sangat penting. Karena perbedaan cuaca juga akan berpengaruh pada kesehatan  jamaah dan ketika jamaat sehat, ibadah haji pun bisa dilaksanakan dengan baik,” kata dia. (*)

Laporan: Khairun Yasir

Related posts