kuping kiri

170 Relawan Mulung Sampah Plastik Sungai Cisanggarung di Area Ciledug-Pasaleman

170 Relawan Mulung Sampah Plastik Sungai Cisanggarung di Area Ciledug-Pasaleman

Cirebonplus.com (C+) – Komunitas Petakala Grage terus menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Minggu (26/8), bersama sejumlah kelompok Petakala Grage memprakarsai kegiatan bertajuk Mulung Sampah Sungai Cisanggarung.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 07.00 dan berakhir sesaat sebelum waktu duhur. Lokasi bantaran Sungai Cisanggarung yang dipilih adalah Broegh Badayi atau Jembatan Cilengkrang Gorobog, bantaran sungai bagian barat Desa Jatiseengkidul Kecamatan Ciledug, dan bantaran sebelah timur Desa Cilengkrang Kecamatan Pasaleman.

Sebanyak 170 orang ambil bagian dalam kegiatan ini. Mereka berasal dari berbagai elemen antara lain Pramuka SMAN 1 Ciledug, Hizbul Wathan SMK/SMP Muhammadiyah Ciledug, Siskanpala SMK Annur Pasaleman, SMPN 2 Pabedilan, aparatur Pemerintah Kecamatan Ciledug, Relawan Indonesia Mandiri, Sangkala Pasaleman, jurnalis, dan warga sekitar Sungai Cisanggarung.

Ketua Pelaksana Mulung Sampah Sungai Cisanggarung yang juga Ketua Bidang Lingkungan Hidup Petakala Grage, Musnan Masteng mengatakan, target aksi tersebut adalah sampah plastik. Sampah yang terkumpul semua langsung “dipenjarakan” ke dalam botol plastik bekas atau ekobriks.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah mengajak warga sepanjang bantaran sungai untuk lebih peduli kepada sungai. Juga mengurangi risiko bencana dan memperkenalkan salahsatu upaya pengolahan sampah plastik melalui kegiatan memenjarakan sampah atau ekobrikcs,” papar dia.

Dalam aksi ini para peserta atau relawan memakai APD serta membawa perbekalan dan peralaran sendiri. Pihaknya tidak menyediakan fasilitas apapun untuk relawan yang ikut serta. (*)

Laporan: Dulbari

Related posts