kuping kiri

200 Pemuda Digembleng Cinta NU dan NKRI dalam Diklatsar Banser di Arjawinangun

200 Pemuda Digembleng Cinta NU dan NKRI dalam Diklatsar Banser di Arjawinangun

Cirebonplus.com (C+) – Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan PemudA (GP) Ansor, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon menggelar Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) VII. Diklatsar digelar di SMK Plus Al Hilal Desa Tegalgubug, Kecamatan Arjawinangun dari 26-28 Juli 2019.

Sebanyak 200 calon anggota Banser dari berbagai kecamatan di Kabupaten Cirebon ikut serta. Kegiatan ini secara resmi dibuka Komandan Detasemen Khusus (Kadensus) 99 Banser, H Muhammad Nuruzzaman MSi,  Jumat (26/7).

Dalam sambutannya, Nuruzzaman mengatakan, pihaknya mendorong kaum muda Nahdlatul Ulama (NU) untuk mengwal serta menghormati ulama dan kiai. Juga turut serta secara aktif berdiri dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Indonesia ini negara penduduk muslimnya besar. Kita bersyukur tetap hidup damai. Karena apa? Karena Nahdlatul Ulama. Maka kepatuhan kita kaum muda NU GP Ansor dan Banser kepada NU dan kiai NU mutlak harus dipatuhi, tidak boleh dibantah,” papar Nuruzzaman.

Jika ada yang mencolek ulama dan kiai kita, lanjut dia, maka nyawa Ansor-Banser taruhannya. Karena dari para kiai-ulama, guru, dan para pejuang kemerdekaan NKRI, warga NU belajar.

“Kita juga wajib menjaga keutuhan NKRI sampai yaumul qiyamah. Karena merupakan tanggung jawab kita bersama,” lanjut dia.

Sementara itu, Komandan Satkoryon Banser Arjawinangun, H Muhammad Syukron Arsyad mengatakan, diklatsar digelar untuk melatih kader Banser agar militan terhadap organisasi. “Membentuk kader loyal, tangguh dan militan pada organisasi, terutama kepada NU,” kata dia.

Diklatsar di Kecamatan Arjawinangun ini, sambung dia, jumlah pesertanya sebanyak 200 orang dari berbagai kecamatan. Bahkan ada sebagian yang berasal dari luar Kabupaten Cirebon.

Alhamdulillah pesertanya membludak. Semoga yang lain juga bisa ikut Banser sebagai motivasi. Diklatsar kita kali ini berbeda dengan di tempat lain. Pasalnya narasumbernya selain dari pengurus cabang, pengurus wilayah, juga akan meghadirkan narasumber dari Rois Syuriah PBNU KH Zakki Mubarok dan dari Mabes Polri Zainuri Anwar,” ujarnya.

Acara yang dibuka pukul 14.30 itu dihadiri Pengurus Cabang (PC) dan Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor. Tampak pula para kiai, anggota Banser, Muspika Kecamatan Arjawinangun, pengurus MWC NU, Fatayat, IPNU, dan Pagar Nusa, serta para kader dari ormas lain. (Abul)

Related posts