kuping kiri

27 Calon PPL Pilkada Serentak di Kecamatan Gebang Ikut Seleksi

27 Calon PPL Pilkada Serentak di Kecamatan Gebang Ikut Seleksi

Cirebonplus.com (C+) – Sebanyak 27 calon Panitia Pengawas Lapangan (PPL) dari 13 desa di Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon mengikuti ikuti tes kemampuan dasar dan wawancara, kemarin (11/1). Bertempat di sekretariat Panwascam Gebang, tes dimulai pukul 08.00 sampai 16.00.

Wawancara dibagi ke dalam dua shift. Sebagian pagi, dan sebagian lainnya mulai pukul 13.00.

Sejumlah pertanyaan disampaikan kepada para calon PPL antara lain tentang motivasi menjadi pengawas pilkada desa, regulasi, dan pengalaman organisasi. Selain itu, juga tentang integritas diri dan komitmen ketika nanti lolos seleksi.

Salahsatu peserta seleksi PPL desa, Iwan Gharmana mengaku termotivasi menjadi PPL desa karena ingin penyelenggaraan Pemilihan Bupati (Pilbup) Cirebon dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat berjalan sukses tanpa ekses. Pihaknya juga ingin mengawal Pikada 2018 berada pada rel yang benar.

“Saya ingin ikut menyukseskan Pilbup Cirebon dan Pilgub Jawa Barat. Kami berharap dua pilkada serentak itu berjalan sukses,” harap dia.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Perekrutan Panwaslu Desa/PPL, Abdul Barih SPdI menjelaskan, jumlah peminat ada 46 orang. Setelah seleksi administrasi, yang dinyatakan lolos dan dapat mengikuti tes kemampuan dasar-wawancara adalah 28 peserta.

Pada saat pelaksanaan tes wawancara, sambungnya, ada satu peserta yang tidak hadir tanpa keterangan apa pun. “Kami tetap menunggu sampai waktu tes wawancara habis masih belum datang jadi yang mengikuti hanya 27 orang,” ujarnya seraya mengatakan, untuk pengumuman siapa yang lulus menjadi PPL pada tanggal 16 Januari.

Ketua Panwascam Kecamatan Gebang, Wasrun SS mengapresiasi semua calon PPL desa yang sudah ada keniatan untuk ikut berpartisipasi dalam mengawal pilkada serentak tahun 2018. Harapannya, bagi yang lolos seleksi harus menjalankan amanah dan komitmen.

“Semoga nanti siapa pun yang lolos seleksi bisa menjalankan amanah dan komitmennya. Itu semua demi terlaksanya pilkada yang aman, kondusif, dan sukses,” kata dia. (*)

Laporan: Abdul Bari

Related posts