kuping kiri

4 Pasang Balon Bupati Dinyatakan Sehat, Penetapan Tanggal 12 Februari

4 Pasang Balon Bupati Dinyatakan Sehat, Penetapan Tanggal 12 Februari

Cirebonplus.com (C+) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon menggelar rapat hasil riwayat kesehatan (rikes) bakal calon bupati dan wakil bupati Cirebon, Rabu (17/1). Bertempat di kantor KPU, agenda tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Cirebon.

Hanya dua pasang calon yang hadir lengkap yakni H Kalinga-Hj Dian Hernawa Susanti dan H Mohamad Luthfi-H Nurul Qomar. Calon lainnya, H Yayat Ruhyat tampak hadir tanpa H Rakhmat, sedangkan pasangan H Sunjaya Purwadisastra-H Imron hanya diwakili oleh perwakilan partai pengusung, PDIP.

Dalam kesempatan tersebut Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Saefudin Jazuli menyampaikan bahwa keempat pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati dinyatakan sehat. Ini artinya keempatnya dinyatakan lolos dan memenuhi syarat kesehatan yang diinginkan undang-undang.

“Semua bakal calon memenuhi syarat. Tidak ada masalah dan sifatnya sudah final,” ujar Saefudin yang didampingi empat komisioner KPU lainnya di hadapan para calon dan wartawan.

Dengan hasil tersebut, lanjutnya, tidak ada lagi pemeriksaan pembanding. Pasalnya, kesehatan fisik dan psikis para bakal calon telah memenuhi syarat.

Selain membahas rikes bakal calon, rapat tersebut juga memberikan informasi kepada para bakal calon tentang tahapan-tahapan berikutnya. Utamanya perbaikan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Di antara yang perlu diperbaiki adalah terkait dokumen dari lembaga lain. “Dokumen itu terkait dengan surat pengunduran diri dari pihak yang berwenang,” tandas dia.

Untuk memperbaiki dokumen itu, KPU memberikan batas waktu dari tanggal 17 sampai 20 Januari 2018. Setelah semua dianggap sudah lengkap, maka KPU akan menggelar penetapan calon bupati pada tanggal 12 Februari nanti. (*)

Laporan: Iklima

Related posts