kuping kiri

5 Bacabup Nasdem Resmi Bersaing, Penentunya Hasil Survei Lembaga Profesional

5 Bacabup Nasdem Resmi Bersaing, Penentunya Hasil Survei Lembaga Profesional

Cirebonplus.com (Ci+) – Setelah pendaftaran bakal calon bupati (bacabup) ditutup, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Cirebon mengumpulkan para pendaftar, Senin (1/5). Total bacabup yang mengembalikan formulir ada lima, namun yang hadir di sekretariat DPD Nasdem hanya empat orang.

Mereka yang hadir antara laib Sukaryadi SE, H Rakhmat SE, Drs H Kalinga MM, dan Agus Supriyadi. Satu nama yang absen atas nama Yon Haryono. Bersamaan dengan para bacabup, 61 bakal calon legislatif (bacaleg) juga tampak hadir.

Pantuan cirebonplus.com, acara dihadiri Sekjen DPP Partai Nasdem Dra H Nining Indrasaleh MSi. Dalam kesenpatan itu ia mengatakan, kelima orang yang telah mendaftar memiliki kapasitas dan kapabilitas yang baik untuk diajukan sebagai bakal calon.

Nantinya, kelima bakal calon itu wajib mengikuti mekanisme yang ada, termasuk survei oleh lembaga yang ditunjuk. “Nanti hasil survei akan dibawa ke DPP untuk ditentukan,” ujar Nining.

Ketua DPD Nasdem Kabupaten Cirebon, Sukaryadi SE mengatakan, setelah adanya penetapan balon dari Nasdem, seluruh jaringan baik dari unsur DPD, DPC, sampai saksi-saksi di TPS akan bergerak untuk melakukan sosialisasi bacabup dari Partai Nasdem.

“Kami akan all out melakukan sosialisasi kepada masyarakat perihal
orang-orang pemberani yang mencalonkan diri di Nasdem untuk menjadi bupati Cirebon mendatang,” tuturnya.

Partai yang dipimpinnya saat ini hanya memperoleh empat kursi di dewan, sehingga harus kerja keras untuk menentukan calon terbaik yang akan maju dalam Pilbup Cirebon 2018. Pihaknya siap mendukung bila nanti bukan yang dipilih partai. 

“Yang terpenting baginya, sebagai ketua harus bisa maksimal dan memberikan dukungan terhadap siapapun, agar Partai Nasdem semakin berkibar di Kabupaten Cirebon. Tadi sudah ada pakta integritas dan perjanjian, siapapun yang kelak terpilih jadi calon akan menjadi anggota Partai Nasdem, walaupun sebelumnya dari patai lain atau nonpartai,” papar dia.

Soal partai koalisi yang akan digandeng Nasdem, kata Sukaryadi, ke depan akan dibangun, tetapi berjalan mengalir saja. Yang terpenting pihaknya akan lebih dulu fokus menyosialisasikan lima balon kepada masyarakat, sehinga surveinya bagus. (*)

Laporan: DK Priyansa

 

Related posts