kuping kiri

AAK dan STIKes An Nasher Gelar Wisuda, Tingkatkan Mutu Lewat Kerjasama dengan Kampus LN

AAK dan STIKes An Nasher Gelar Wisuda, Tingkatkan Mutu Lewat Kerjasama dengan Kampus LN

Cirebonplus.com (C+) – Akademi Analis Kesehatan (AAK) An Nasher dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) An Nasher menggelar Sidang Senat Terbuka, Sabtu (12/10). Wisuda tersebut berlangsung di kompleks Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin.

Acara tersebut dihadiri anggota DPR RI asal daerah pemilihan (dapil) Cirebon-Indramayu H Syatori, Pejabat Kemenristekdikti Dr Didin, unsur Muspida, Muspika, serta para undangan dari kampus yang ada di Kota dan Kabupaten Cirebon.

Direktur AAK An Nasher, Hery Prambudi mengatakan, sebelum prosesi wisuda dilaksanakan, pihaknya telah melakukan kajian-kajian dan workshop bagi semua jurusan. Hal itu dilakukan untuk mendongkrak kualitas para lulusan dan yang paling utama adalah agar mereka mampu bersaing di era Revolusi Industri 4.0.

Menurut Hery, sesuai dengan harapan pendirian perguruan tinggi ini, yaitu bisa memberikan manfaat bagi masyarakat banyak. “Karena itu kami selalu meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan bagi mahasiswa,” ujarnya.

Untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, pihaknya juga bekerjasama dengan enam kampus luar negri antara lain Universitas Mahidol Thailand, Universitas Raja Manggala Thailand, Universitas Tohoku Jepang, Universitas Sultan Zainal Abidin Trengganu Malaysia, Universitas Dongseo Busan Korea, dan ke depan sedang berproses untuk kerjasama dengan salahsatu universitas di New Delhi India. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dosen-dosen, melalui pertukaran karya ilmiah dan penelitian bersama.

“Juga memberikan wawasan yang luas bagi para mahasiswa melalui pertukaran pelajar, sehingga wawasan mereka bukan hanya dalam sekup Indonesia, melainkan merambah ke tingkat internasional,” lanjut ungkap direktur AAK An Nasher.

Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Dr Didin Wahidin MPd saat ditemui Suara Cirebon di sela-sela acara mengaku sangat mengapresiasi pendidikan pesantren yang menyelenggarakan pendidikan kesehatan. Juga mampu bekerjasama seperti dengan Nahdlatul Ulama (NU) dalam kerja-kerja sosial khususnya bidang kesehatan di masyarakat.

Pihaknya menyampaikan selamat dan terima kasih kepada perguran tinggi AAK dan STIKes An Nasher yang telah melaksanakan wisuda. Ini adalah wujud bakti kepada bangsa dan negara.

“Saya sangat menghargai dan betul-betul mensyukuri bahwa ada warga masyarakat yang menyelenggarakan perguruan tinggi dan menelurkan alumni-alumni yang bisa mengabdikan diri kepada bangsa dan negara,” sambungnya.

Dr Didin juga berharap dengan adanya perguruan tinggi kesehatan di lingkungan pesantren hendaknya mampu mencetak tenaga tenaga ahli yang profesional dan berahlakul karimah. Pihaknya berharap AAK dan STIKes An Nasher terus meningkat kualitasnya, berkembang dan bisa mengabdikan diri bagi bangsa dan negara.

Sementara itu, anggota DPR RI, H Syatori mengapresiasi adanya AAK An Nasher dan STIKes An Naser yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin. Para mahasiswa selain menimba ilmu kesehatan mereka juga bisa menggali ilmu agama di pondok pesantren.

Bagi warga Kabupaten Cirebon sangat beruntung sebab adanya perguruan tinggi ini bisa memberikan manfaat bagi warga sekitar dan masyarakat Cirebon pada umumnya. Ia berharap agar AAK dan STIKes An Nasher bisa lebih meningkatkan mutu dan bisa berkomunikasi dengan pemerintah pusat.

Ketua Yayasan An Nasher, KH Abdul Mujib mengatakan, wisuda bukanlah akhir dari jenjang pendidikan, melainkan langkah memasuki gerbang pendidikan yang lebih tinggi. Masih ada tahapan tahapan yang lain yang harus ditempuh, agar alumni AAK dan STIKes An Nasher memiliki keahlian yang mumpuni.

“Pada era revolusi industri 4.0 ini semua pola ditekankan pada pola digital economy, robotic, dan sebagainya. Semua akan berevolusi dengan cepat, begitu pula dengan teknologi kesehatan akan cepat pula berubah. Sehingga, hanya dengan pendidikan dan pengetahuan cara mengimbanginya,” paparnya.

KH Abdul Mujib juga berharap AAK dan STIKes An Nasher bisa lebih meningkatkan mutu dan kualitasnya, sehingga mampu berkembang dan bersaing di era revolusi induatri 4.0. Bagi para alumni AAK dan STIKes bisa mengamalkan ilmunya baik ilmu kesehatan maupun ilmu agama, sehingga bermanfaat bagi masyarakat, agama, bangsa, dan negara. (Khayas)

Related posts