kuping kiri

Abrasi Terus Mengancam Sungai Winong, Sejumlah Elemen Inisiasi Penanaman Mangrove

Abrasi Terus Mengancam Sungai Winong, Sejumlah Elemen Inisiasi Penanaman Mangrove

CIREBON (Ci+) – Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia dan juga Hari Jadi Kabupaten Cirebon, Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Suranenggala bekerjasama dengan BBWS dan PMII menggelar aksi peduli alam. Bentuk kegiatannya Gerakan Tanam Mangrove di Sungai Winong, Desa Karangreja, Rabu (29/3).

Pantauan cirebonplus.com, ikut serta menanam mangrove Camat Suranenggala Dra Indra Fitriani, kapolsek, danramil, para kuwu dan jajarannya, perwakilan BBWS, mahasiswa PMII, dan perwakilan warga. Mereka antusias dan rela masuk sungai menanam pohon yang berfungsi mencegah abrasi.

Ditemui di sela-sela kegiatan, Camat Fitra mengatakan, aksi menanam mangrove selain untuk keindahan pantai juga menguatkan sungai agar tidak terkena abrasi. “Kami pihak Msuspika bersama desa, BBWS, PMII dan masyarakat menanam Pohon mangrove,” kata dia.

Menurutnya, ada sekitar 500 bibit pohon mangrove yang ditananm di Sungai Winong dalam aksi ini. Hal itu dilakukan karena sungai tersebut sudah terkena abrasi.

Abrasinya pelan tapi pasti mengikis daratan. Sedangkan letak sungai dekat dengan sawah.

“Jika tidak segera ditangani tentunya akan terjadi banjir. Untuk itu gerakan mangrove ini kami lokasikan ke Sungai Winong dulu,” jelasnya.

Pihaknya berharap ke depan seluruh sungai yang terkena abrasi agar tanam mangrove. “Mudah-mudahan ke depan bisa keseluruhan sungai ditanami mangrove mas,” harapnya. (*)

Laporan: DK Priyansa

Related posts