kuping kiri

Agar Pemekaran Cirebon Timur Diprioritaskan, Butuh Dorongan Kuat ke Pemprov

Agar Pemekaran Cirebon Timur Diprioritaskan, Butuh Dorongan Kuat ke Pemprov

Cirebonplus.com (C+) – Penduduk Kabupaten Cirebon sudah padat ditambah wilayahnya yang luas. Itulah menjadi salaahsatu alasan Kabupaten Cirebon layak dimekarkan menjadi dua daerah administratif.

Karena alasan itulah, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Cirebon, Drs H An’im Falakhudin menganggap wilayah timur Cirebon (WTC) layak menjadi daerah otonom baru (DOB). “Penduduknya sudah padat, memang harus dimekarkan,” tandasnya.

Menurutnya, pemekaran Cirebon Timur harus terus didorong, meskipun tidak termasuk daerah yang diprioritaskan dalam usulan pemekaran tahap awal dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

“Pemekaran WTC harus kita dorong sedikit demi sedikit dan bertahap, tidak bisa langsung jadi. Tapi kita tetap dorong terus Cirebon Timur kira-kira mekar,” sambungnya.

Anggota dewan asal Cirebon Timur itu yakin pemekaran akan terwujud, syaratnya semua pihak solid dan terus mendesak Pemprov Jabar untuk diprioritaskan.

“Kalau Cirebon Timur sponsornya kuat, kenapa tidak bisa? Itu kan bukan kitab suci. Kalau kitanya solid dan terus mendesak pemprov, WTC bisa dimekarkan,” ujar dia kepada Cirebonplus.com.

Sejauh ini, An’im melihat ada beberapa syarat yang belum dilengkapi, sehingga Kabupaten Cirebon belum bisa dimekarkan. Selain terkait administratif, ia juga melihat belum ada gerakan yang kuat untuk mendorong pemprov.

“Kalau menurut saya, secara administrasi barangkali kurang memenuhi persyaratan dan belum ada yang ke sana untuk mendorong Pemprov Jabar,” pungkasnya. (M Surya/C+3)

Related posts