Home Headline Ahli Gizi Indramayu: Cegah Stunting sejak Sebelum Nikah

Ahli Gizi Indramayu: Cegah Stunting sejak Sebelum Nikah

by
0 comment

Cirebonplus.com (C+) – Ahli Gizi dari Persatuan Gizi (Persagi) Kabupaten Indramayu, Diah Reski Andriani menjelaskan, stunting disebabkan oleh faktor pola asuh ibu yang kurang baik terhadap balita pada saat pemberian makan. Juga asupan gizi, bahkan ibu hamil sampai 1.000 hari pertama melahirkan yang kekurangan nutrisi banyak menyebabkan stunting itu terjadi.

Penjelasan itu disampaikan Diah Reski saat sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat dalam upaya penurunan stunting bersama Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) di Hotel Wiwi Perkasa II Indramayu, Kamis (20/6).

“Pola asuh yang buruk pada ibu saat memberikan makanan dan asupan gizi terhadap balita menjadi faktor terjadinya stunting bahkan ibu hamil sampai 1.000 hari pertama melahirkan yang kurang nutrisi banyak terindikasi stunting itu terjadi terhadap anak-anak,” katanya.

Untuk menekan tingginya angka stunting di Indonesia bagi generasi milenial di Indramayu perlu beberapa pencegahan yang harus diperhatikan seperti pada saat usia remaja perempuan mendapatkan gizi yang cukup, sehingga pada proses kehamilan mendapatkan nutrisi yang baik dan diimbangi kondisi lingkungan yang sehat.

“Untuk mencegahnya, perlu perbanyak makan makanan bergizi yang berasal dari buah dan sayur lokal kemudian diperlukan pula kecukupan gizi remaja perempuan agar ketika dia mengandung tidak kekurangan gizi. Selain itu butuh perhatian juga pada lingkungan yang bersih dan menciptakan akses sanitasi dan memiliki air bersih,” pungkasnya.

Di tempat yang sama mahasiswa asal UIN Bandung, Cantika sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi itu, menurutnya sebagai generasi mileneal perlu mempersiapkan sejak dini akan pentingnya bahaya stunting mengingat pada tahun 2030 Indonesia akan menghadapi bonus demografi. (Abdullah/Ril)

Foto: Pemkab Indramayu

Related Articles