kuping kiri

AKD DPRD Jabar Terbentuk, Teknis Kerja Tunggu Tatib Rampung

AKD DPRD Jabar Terbentuk, Teknis Kerja Tunggu Tatib Rampung

Cirebonplus.com (C+) – Susunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2019-2024 terbentuk. AKD ditetapkan dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Selasa (15/10).

Hal itu diakui Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Achmad Ru’yat. Menurutnya, dengan telah ditetapkannya AKD, maka DPRD Jabar diyakini akan lebih efektif menjalankan tugas dan fungsinya.

“Baik nanti dalam penyususan legislasi maupun melakukan pengawasan atas implementasi kebijakan dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dan tentunya kita akan terlibat dalam pembahasan-pembahasan peraturan daerah,” lanjut Achmad Ru’yat.

Ia berharap, setiap peristiwa yang terjadi di Jawa Barat dapat segera direspon oleh komisi dan badan yang telah terbentuk pada rapat paripurna.

Sementara itu, total ada 5 komisi yang telah terbentuk terdiri dari Komisi I Bidang Pemerintahan, Komisi II Bidang Ekonomi, Komisi III Bidang Keuangan, Komisi IV Bidang Pembangunan dan Komisi V Bidang Kesejahteraan Rakyat. Juga 4 badan yang terdiri dari Badan Musyawarah, Badan Anggaran, Badan Pembentukan Peraturan Daerah, dan Badan Kehormatan.

Dikatakan, untuk pemilihan struktur pimpinan komisi dan badan (BP Perda dan Badan Kehormatan) ditentukan dengan memperhatikan proposionalitas. “Semuanya terakomodir baik di ketua komisi secara profosional, wakil ketua dan sekretaris” katanya.

Lebih lanjut ia menambahkan, agenda selanjutnya DPRD Provinsi Jawa Barat selain menyelesaikan tata tertib yang kini tengah diselesaikan oleh Pansus pihaknya akan segera melakhkan konsolidasi untuk merespon tupoksi komisi maupun badan-badan.

“Agenda kami kedepan disamping menyelesaikan tata tertib yang sekarang sedang diselesaikan oleh Pansus Tata Tertib, setiap komisi kami harap segera mengkonsolidasikan untuk merespon tupoksi komisi maupun badan-badan,” ujar dia. (Abdullah/Ril)

Related posts