kuping kiri

Pekan Ini, 150 Santri Jabar Berebut Tiket Beasiswa Universitas Al Ahgaff Yaman di Cirebon

Pekan Ini, 150 Santri Jabar Berebut Tiket Beasiswa Universitas Al Ahgaff Yaman di Cirebon

Cirebonplus.com (C+) – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon dipercaya menjadi tuan rumah seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Al Ahgaff Hadramaut, Yaman. Nahdlatul Ulama (NU) Centre Sumber akan menjadi tempat ujian tulis dan lisan para santri lulusan sekolah menengah atas di Jawa Barat dan sekitarnyaa.

Lembaga Perguruan Tinggi (LPT) PCNU Kabupaten Cirebon akan meng-handle secara teknis. Melalui Ketuanya Muhammad Manshur MA, menurutnya LPT PCNU sudah mulai mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk suksesnya agenda tersebut.

“Kami sudah melakukan rapat dua kali mulai dari inventarisir kebutuhan, pembagian tugas, lay out ruangan, hingga simulasi teknis pelaksanaan. Kami juga sudah melakukan pembahasan dengan panitia pusat,” kata dia kepada cirebonplus.com usai raapat persiapan, Selasa (7/8).

Manshur menjelaskan, seleksi beasiswa Al Ahgaff di Cirebon merupakan gelombang terakhir. Setelah pendaftaran dibuka sekitar tiga bulan lalu, ada sekitar 150 calon mahasiswa yang mengambil formulir secara online.

Mereka akan dikumpulkan di Cirebon untuk mengikuti tes seleksi baik tertulis maupun lisan pada tanggal 11 dan 12 Agustus. “Kami membagi 150 peserta menjadi dua kelompok, jadi tesnya satu hari untuk satu kelompok atau separuh dari total pendaftar,” ujarnya.

Mereka yang mengikuti ujian di Cirebon, kata dia, merupakan pendaftar untuk wilayah Jawa Barat. Karena terakhir, para pendaftar yang tertinggal saat sleleksi di tempat lain juga akan ikut bergabung.

Melihat peserta dari berbagai daerah, panitia dalam hal ini LPT PCNU Kabupaten Cirebon juga akan memfasilitasi tempat menginap baik calon mahasiswa maupun mahasiswi. Untuk tempat seleksi, panitia menempatkan secara terpisah antara santri putra dan putri.

“Kami juga akan menyiapkan tempat bagi para pengantar baik orang tua maupun saudara peserta ujian. Terutama tempat tunggu saat ujian berlangsung, sedangkan untuk tempat menginap kami arahkan ke hotel terdekat bagi atau di tempat-tempat kosong yang ada di lingkungan kantor PCNU bila mereka berkenan,” papar dia.

Dalam pembukaan yang digelar Sabtu pagi (11/8), kata dia, panitia akan mengundang alumni Universitas Al Ahgaff Yaman di Cirebon dan sekitarnya. Juga akan mengundang paara pengurus PCNU Kabupaten Cirebon.

“Kami minta doa seluruh warga NU Kabupaten Cirebon, insya Allah kami akan menjadi penyelenggara seleksi ini setiap tahun di Cirebon tentunya. Bagi para santri yang berminat, bersiaplah tahun depan,” pungkasnya. (*)

Laporan: Anshori

Related posts