kuping kiri

Akhirrussanah, Ini Pesan Pimpinan BPA Alfa Zahra Tegalgubug Lor untuk Lulusannya

Akhirrussanah, Ini Pesan Pimpinan BPA Alfa Zahra Tegalgubug Lor untuk Lulusannya

Cirebonplus.com (C+) – Balai Pendidikan Alquran (BPA) Alfa Zahra’ Desa Tegalgubug Lor,  Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon menggelar acara tahunan Haflah Akhirussanah Khotmil Qiro’ah dan Khotmil Qur’an Angkatan XIV, Kamis (2/5). Panitia yang juga Dewan Guru, Ustad Sofwan mengatakan, peserta Khotmil Qiro’ah dan Khotmil Qur’an terdiri dari santriwan-santriwati TKQ, TPQ, TQA dan Diniyah.

“Tahun ini peserta wisuda Khotmil Qiro’ah berjumlah 19 santri dan peserta Khotmil Qur’an berjumlah 6 santri yakni dari TKQ, TPQ, TQA Alfa Zahra’ dan DTA An Nidzam yang juga masih dalam satu Yayasan Alfa Zahra’,” ujarnya.

Para santri yang wisuda, lanjut Sofwan, juga di-munaqosah dan diberikan piagam penghargaan dari pihak yayasan sebagai cinderamata. Untuk lebih meriah, santriwan-santriwati Alfa Zahra’ yang berjumlah 150 anak juga  mengikuti rangkaian acara imtihan mulai dari kreasi seni, karnaval, hingga pembagian hadiah siswa berprestasi.

Dalam kesempatan tersebut jajaran Pengurus Yayasan Alfa Zahra hadir. Mereka antara lain Kiai Ali Sodiq, KH Amin Halim, KH Ahmad Fauzi Mahya, dan Ustad H Qomar.

Dalam sambutannya Kiai Ali Sodiq mengapresiasi Dewan Guru yang sudah mendidik santri dari  tahap yang paling bawah mengeja sampai bisa mengkhatamkan Alquran. Tidak hanya bisa membaca, tetapi juga belajar ilmu Alquran seperti tajwid, nahwu, sorof, dan lainnya.

Pihaknya berharap santri menjadi tunas Qur’ani dan bisa mengamalkan Alquran, menjaga akhlaqul karimah, serta kelak bisa membahagiakan kedua orang tua, berguna bagi agama, bangsa dan negara.

“Kalau bisa lulusan Alfa Zahra menjadi hafidz wal hafidzah di jenjang pendidikan selanjutnya. Selain Dewan Guru, para wali santri juga harus berperan penting dalam membimbing anak-anaknya di rumah dan lingkungan, untuk menjaga agar anak-anak bisa membagi waktu untuk belajar,” kata dia. (Mahbullah)

Related posts