kuping kiri

Banyak APK Melanggar, Bawaslu Duga Parpol Tak Sosialisasikan Aturan Main ke Caleg

Banyak APK Melanggar, Bawaslu Duga Parpol Tak Sosialisasikan Aturan Main ke Caleg

Cirebonplus.com (C+) – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berkerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cirebon terus melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK). Seperti yang dilakukan Kamis (21/3).

Komisioner Bawaslu Kabupaten Cirebon, Nunu Sobari mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menegakkan aturan kepemiluan sesuai dengan PKPU Nomor 23 Tahun 2018 pasal 34 dan Perbawaslu Nomor 28 Tahun 2018, utamanya soal alat peraga kampanye yang melanggar. Pihaknya juga menyarankan kepada peserta Pemilu agar tidak memasang APK di tempat terlarang.

“Hanya menegakkan aturan kepemiluan tentang APK yang melanggar. Saya sarankan kepada peserta Pemilu jangan sampai memasang alat peraga kampanye yang tidak sesuai aturan,” kata Nunu Sobari kepada Cirebonplus.com di sela-sela penertiban APK.

Diakui, pihaknya sudah melakukan sosialisasi mengenai pemasangan APK kepada peserta Pemilu dan partai politik. Namun saat itu yang datang hanya utusannya saja. Mungkin saja tidak disampaikan, sehingga belum banyak yang mengerti aturannya.

Tak hanya itu, Bawaslu akan menindaklanjuti bila ada oknum yang terbukti memasang APK di tempat-tempat yang terlarang. “Siapa yang masang ini kami tidak tahu. Mereka juga biasanya tidak mau mengaku,” tambahnya.

Dia mengimbau kepada para peserta pemilu agar memasang APK sesuai aturan dan sudah dianjurkan. Pasalnya, jika terus melanggar, pihaknya akan mencopot APK yang terpasang di tempat yang terlarang. (Muhamad Surya/C+3)

Related posts