kuping kiri

Pabrik di WTC Belum Banyak Serap Tenaga Kerja Lokal, Warga Curhat ke Yuningsih

Pabrik di WTC Belum Banyak Serap Tenaga Kerja Lokal, Warga Curhat ke Yuningsih

CIREBON (Ci+) – Masyarakat sejumlah desa di Kecamatan Pangenan meminta Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Dra Hj Yuningsih MM agar memperjuangkan agar pabrik-pabrik yang ada di daerahnya bisa memprioritaskan tenaga kerja lokal. Aspirasi ini mengemuka saat reses Yuningsih ke daerah pemilihan (dapil) VII.

Sejauh ini, masyarakat merasa keberadaan pabrik-pabrik di wilayah timur Cirebon (WTC), khususnya pangenan belum banyak menyerap tenaga kerja setempat. Padahal seharusnya bisa terserap 60-70 persen, sesuai sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan.

Menanggapi aspirasi, Yuningsih mengaku sangat setuju perusahaan-perusahaan padat tenaga kerja bisa menyerap sebesar-besarnya warga sekitar pabrik. Jika itu terwujud, maka prinsip multiplayers effect keberadaan pabrik bisa benar-benar dirasakan masyarakat sekitar.

Menurutnya, sejauh ini melalui regulasi dan hearing dengan pemerintah dan perusahaan, ia bersama-sama wakil rakyat lainnya selalu mendesak soal penyerapan tenaga kerja lokal sekitar perusahaan. Karena dianggap masih banyak yang melakukan, pihaknya akan memperjuangkannya.

“Perusahaan harus menyerap SDM lokal sesuai kebutuhannya. Masyarakat sekitar harus mendapatkan manfaat dari proses produksi di pabrik-pabrik yang ada di WTC, khususnya Pangenan,” kata anggota dewan dari PKB itu.

Sejumlah aspirasi lainnya yang muncul dalam masa reses Yuningsih di sejumlah kecamatan dapil VII antara lain permintaan nelayan Gebang agar hasil tangkapan mereka bisa duhargai layak. Di Kecamatan Babakan di antara yang banyak adalah aspirasi agar pemerintah memperhatikan lembaga dan fasilitas keagamaan.

Untuk Kecamatan Pabedilan, masyarakat menginginkan perbaikan dan pembangunan tanggul supaya tidak terjadi banjir lagi. Sedangkan untuk Kecamatan Losari, diusulkan agar permasalahan sampah segera dicarikan solusi. (*)

Laporan: Abdul Bari

Related posts