kuping kiri

Enam Bulan Eksis, cirebonplus.com Baru Test The Water

Enam Bulan Eksis, cirebonplus.com Baru Test The Water

Catatan: Kalil Sadewo, Pemimpin Redaksi

HARI ini, tepat enam bulan sudah portal berita www.cirebonplus.com hadir di tengah khalayak, terutama di hadapan para konsumen internet. Selama separuh tahun ini, kami menyebutnya sebagai fase test the water.

Secara syarah istilah test the water atau testing the water adalah “menguji” reaksi publik. Tujuannya, mengetahui sejauhmana keberadaan portal berita cirebonplus.com atau CIREBON+.COM direspons oleh khalayak.

Layaknya uji publik, feed back atau reaksi balik dari pembaca sangat dibutuhkan. Semuanya bernilai positif, termasuk yang kritis, nyinyir, atau antipati sekalipun. Justru, reaksi buruk itulah yang dibutuhkan. Tanpa itu, kami tidak bisa melihat kekurangan-kekurangan.

Selama setengah tahun ini, kami belum melakukan apa-apa. Lebih banyak berkutat pada hal-hal teknis, baik sistem online maupun pemberitaan.

Yang paling berharga dari perjalanan 181 hari ini adalah, kami berhasil melakukan identifikasi berbagai tantangan dan masalah dalam “aktivitas” perportalan. Kami menyebutnya aktivitas, bukan persaingan, karena begitu luasnya ceruk pasar media online. Juah lebih luas dari media televisi, radio, apalagi media cetak.

Ketika ada pelaku media berita online yang menyimpulkan bahwa banyaknya portal menunjukkan beratnya persaingan, maka saat bersamaan ia sedang mempersempit diri. Ia juga mempersempit dunia online yang tak berbatas daerah, bahkan negara. Dan saya pastikan, ia adalah orang statis yang biasa mapan tanpa terbiasa memproduksi ide-ide. Jika tak segera keluar dari kesimpulannya, ia akan segera “mati” tercekik kejumudannya.

Jejaring dotcom (.com), sejatinya mampu menembus batas teritori. Jaringannya melompat dari transmisi ke transmisi. Ia ditangkap oleh semua providers di dalam dan luar negeri yang terkoneksi dengan satu jaringan bernama internet.

Keluasan akses ditambah tingginya kebutuhan khalayak terhadap ragam informasi, adalah peluang sangat besar yang hampir tak berbatas. Ceruk inilah yang seharusnya memberikan keleluasaan pelaku penggerak portal berita untuk terus bereksperimen dari waktu ke waktu. Kesadaran inilah yang melahirkan optimisme cirebonplus.com untuk selalu bilang: Pantang menyerah untuk menjadi juara, selama internet mengudara.

Ya, terdengar seperti mimpi. Tapi bukankah mimpi adalah hak segala bangsa? Dari mimpilah kita merangkai rencana untuk meniti asa. Karena mimpilah orang besar mencapai kejayaannya.

Kegilaan mimpi atau mimpi yang gila tentu tidaklah salah, tapi menjadi gila karena mimpi adalah petaka. Dan kuncinya adalah memahami realita. Dengan modal sumber daya senilai Rp1 juta, jangan memaksa mengejar net income Rp1 miliar sebagaimana pelaku usaha lainnya yang memiliki modal Rp1 miliar. Tapi pastikan, suatu saat kita memiliki modal setara Rp1 miliar tapi dengan keuntungan lebih besar dari pemilik modal yang sama.

REFRESH SPIRIT

Tetapi, indeks materil bukanlah parameter keberhasilan media jurnalistik. Karena ia bukanlah lembaga pure profit. Keberhasilannya juga diukur menggunakan skala fungsi. Sejauhmana fungsi-fungsi sosial yang melekat bisa dirasakan oleh khalayak, meskipun disesuaikan dengan segmentasinya.

Sekadar refresh, 1 Januari 2017 portal ini lahir dan kami beri nama Cirebon Plus. Dalam bahasa Indonesia plus (+) punya beberapa sinonim antara lain tambah, positif, lebih, atau baik. Harapan kami, dengan menggunakan nama itu, pemberitaan-pemberitaan yang disajikan kepada publik memiliki nilai tambah dan memberikan efek positif bagi masyarakat.

Simetris dengan namanya, tagline portal yang kami pilih adalah Lebih dari Sekadar Berita. Slogan ini tentu akan selalu menjadi jiwa dan semangat kami untuk menyajikan berita tentang fakta, peristiwa, dan aktivitas publik terpilih yang dikemas secara objektif dengan politik redaksi yang konstruktif. Sehingga berita yang tersaji tidak sekadar informasi. Lebih dari itu, ada nilai tambah yang bermanfaat bagi khalayak.

Berita tidak hanya bernilai informatif. Berita yang baik juga tidak hanya berisi kritik atau kontrol terhadap sistem, kebijakan, atau pranata sosial. Lebih dari itu, berita harus memiliki nilai edukasi, bervisi membangun, dan ikut andil dalam perubahan ke arah yang lebih baik.

Masyarakat butuh informasi tentang ketimpangan-ketimpangan baik sosial maupun pemerintahan. Tetapi lebih dari itu, juga sangat membutuhkan solusi atas ketimpangan-ketimpangan yang terjadi. Inilah semangat dasar yang ingin diperjuangkan cirebonplus.com.

Kelahiran portal berita cirebonplus.com tentu menambah banyak daftar media massa di wilayah III Cirebon. Apakah ruang publik akan menjadi sesak oleh pemberitaan? Tentu tidak. Jumlah media masih berbanding jauh dengan realitas yang layak diberitakan.

Dan akhirnya, enam bulan seperti enam kali hirupan napas, bukan waktu yang lama. Terdengar nama sudah lebih dari segalanya, tapi bila ada manfaat di dalamnya sesungguhnya itu adalah cita-cita. Bila memang tidak sama dengan yang lainnya, karena itulah semangatnya. Semoga kami bisa terus bernilai guna. (*)

 

 

 

 

 

 

 

Related posts