kuping kiri

Baru Punya 9 Ha, Ini yang Akan Dilakukan Kota Cirebon untuk Kembangkan Ekowisata Mangrove

Baru Punya 9 Ha, Ini yang Akan Dilakukan Kota Cirebon untuk Kembangkan Ekowisata Mangrove

Cirebonplus.com (C+) – Kota Cirebon bersiap mengembangkan ekowisata mangrove, terutama di sepanjang Pantai Kota Cirebon. Untuk tujuan ini Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon ingin melibatkan masyarakat dalam menjaga ekosistem mangrove.

Guna menunjukka keseriusan, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon melakukan penanaman bibit mangrove dalam rangka memperingati Hari Mengrove Sedunia di selatan Pelabuhan Perikanan, Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jumat (26/7).

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati mengatakan, sejauh ini pihaknya baru memiliki sekitar 9 hektare lahan yang tertanam mangrove. Kondisi mangrove di lahan tersebut saat ini bagus.

Menurutnya, luas lahan tersebut masih kurang. Karena Kota Cirebon memiliki panjang pantai hingga 7 km. Eti berkeinginan sepanjang pantai Kota Cirebon dipenuhi dengan tanaman mangrove.

“Karena selain bermanfaat untuk ekosistem, tanaman mangrove juga bisa dikembangkan untuk pemanfaatan lainnya,” lanjut Eti.

Karena itu, Eti menyambut baik keinginan dari kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawanan untuk membuat kawasan Ekowisata di areal Kejawanan. Pemkot Cirebon akan berupaya untuk membantu, khususnya dari segi aturannya.

“Kalau memang dibutuhkan Detail Engineering Design (DED), kita juga akan bantu,” sambung Eti.

Dengan adanya ekowisata mangrove nanti, Eti berharap bisa menarik kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon. Namun Eti juga berpesan, agar masyarakat, khususnya yang ada di sepanjang pesisir Kota Cirebon, untuk bisa bersama-sama menjaga keberadaan hutan mangrove.

“Mari kita jaga bersama-sama untuk kelangsungan hidup kita semua,” kata Eti. (Dewo/Ril)

Foto: Pemkot Cirebon

Related posts