kuping kiri

Bawaslu Gandeng Kaum Perempuan untuk Pelototi Pelanggaran Pemilu

Bawaslu Gandeng Kaum Perempuan untuk Pelototi Pelanggaran Pemilu

Cirebonplus.com (C+) – Ratusan aktivis perempaun dari berbagai komunitas digandeng Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cirebon untuk terlibat dalam Partisipan Pengawas Pemilihan Umum 2019. Sabtu (2/3), mereka dikumpulkan Bawaslu Kabupaten Cirebon untuk mengikuti sosialisasi pengawasan pemilu partispatif bagi kaum perempuan di Hotel Apita, Kedawung, Kabupaten Cirebon.

Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon, Abdul Khoir menjelaskan dalam kegiatan tersebut menjelaskan, kaum perempuan diberikan edukasi tentang pengawasan pemilu. Pihaknya memberikan perhatian khusus kepada kaum perempuan, karena peran mereka tidak bisa diabaikan bahkan dinomerduakan.

“Untuk menjadi pengawas partisipasif, artinya para aktivis perempuan ini bisa menjadi pelapor dalam setiap dugaan pelanggaraan yang mungkin terjadi. Perempuan juga harus diberikan ruang partisipasi untuk pengawasan Pemilu 2019,” ujar Khoir kepada Cirebonplus.com seusai acara sosialisasi.

Kegiatan ini dihadiri Komisioner Bidang Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Lolly Suheti yang menyampaikan materi tentang pengawasan pemilu kepada para kaum perempuan. Menurut Lolly, perempuan menjadi kelompok penting untuk bisa memaksimalkan pengawasan peserta demokrasi.

“Dalam konteks Bawaslu seluruh pihak masyarakat termasuk kaum perempuan menjadi sangat penting dan strategis untuk melakukan pengawasan partisipatif bersama-sama memastikan Pemilu 2019 berjalan baik dan bersih serta berintegritas,” tambah Lolly.

Selain itu, Lolly juga meminta dan mengajak kepada kaum perempuan agar terlibat dalam pengawasan pesta demokrasi ataupun mengawasi jalannya kampanye menjelang Pemilu 2019. (Muhamad Surya)

Related posts