kuping kiri

Bawaslu Gandeng Satpol PP, Polres, dan Kodim Sweeping APK yang Melanggar

Bawaslu Gandeng Satpol PP, Polres, dan Kodim Sweeping APK yang Melanggar

Cirebonplus.com (C+) – Berdasarkan hasil pendataan yang dilakuakan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Cirebon melalui jajarannya di tingkat kecamatan dan desa, ditemukan ada 8.600 alat peraga kampanye (APK) yang melanggar aturan. APK tersebut milik para calon anggota legislatif dari pusat dan daerah , serta calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Jumat (14/12), Bawaslu bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cirebon bergerak melakukan penertiban APK yang langgar aturan. Setelah sebelumnya Bawaslu telah meminta kepada para peserta pemilu untuk menurunkan sendiri APK yang telah melanggar baik yang terpaku di pohon-pohon maupun terpsang di tempat-tempat terlarang.

“Yang terdata Bawaslu Kabupaten Cirebon ada 8.600 APK dianggap melanggar oleh kami, baik itu di tiang listrik, dipaku di pohon, tempat ibadah, ataupun tempat-tempat yang dilarang,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon, Abdul Khoir SH MH kepada Cirebonplus.com.

Pelanggaran pemasangan APK yang dimaksud, kata Khoir berdasarkan ketentuan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) Nomor 28 Tahun 2018 dan Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017.

Tak hanya Satpol PP, selama penertiban APK ini, Bawaslu juga bekerjasama dengan Polres dan Kodim. Bahkan, Bawaslu sudah mengintruksikan Panwascam se-Kabupaten Cirebon untuk bekerjasama dengan Polsek, Satpol PP, dan Kodim setempat untuk melakukan penertiban APK di kecamatan masing-masing.

“Selama tiga hari ke depan Bawaslu akan berkerjasama dengan Satpol PP, Polres, dan Kodim akan melakukan penertiban APK. Selain itu, kami pun telah menginstruksikan seluruh Panwascam se-Kabupaten Cirebon untuk berkerjasama dengan Polsek, Satpol PP dan Kodim setempat agar segera menertibkan APK yang melanggar di wilayah kecamatan masing-masing,” papar dia.

Dikatakan, APK yang diamankan Bawaslu secara keseluruhan. Mulai dari calon presiden (capres) sampai ke tingkat caleg DPRD Kabupaten Cirebon. (Surya/C+3)

Related posts