kuping kiri

Bawaslu Jabar Gandeng Santri Ikut Ciptakan Pemilu Bersih, Jujur dan Tanpa Politik Uang

Bawaslu Jabar Gandeng Santri Ikut Ciptakan  Pemilu Bersih, Jujur dan Tanpa Politik Uang

Cirebonplus.com (C+) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat terus memperluas jejaring mitra pengawasan partisipatif. Sasarannya adalah berbagai kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran yang sama untuk menciptakan Pemilihan Umum (Pemilu) yang bersih, aman, dan damai.

Kamis (20/12), Bawaslu Jabar bertemu dengan para kiai dan santri se-Jawa Barat di Pondok Pesantren Babakan, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon. Selain bersilaturami, acara tersebut dimanfaatkan untuk sosialisasi pengawasan partisipatif.

Dalam sosialisasi terebut tampak hadir para ulama pondok pesantren, para santri, pengurus organisasi, dan elemen lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah mengatakan, peran pesantren, para kiai, dan santri sangat startegis dalam mengawal pemilu. Khususnya  dalam membangun nilai bersih, jujur, dan damai dalam pemilu.

Menurutnya, tantangan Pemilu 2019 di antaranya adalah politik uang dan narasi kebencian yang menyebar ke berbagai jejaring media sosial (medsos). Abdullah berharap para santri dapat membangun budaya bersih dalam pemilu, bisa menanamkan nilai-nilai kejujuran dalam pemilu, tidak tergoda oleh politik uang, dan tidak ikut membuat narasi kebencian

Sebalinya, ia yakin santri dapat ikut memberikan sumbangsih dalam menciptakan pemilu yang jujur, bersih, antihoaks, dan mempersatukan perbedaan. (Dewo/C+3)

Related posts