kuping kiri

Bawaslu Pertajam Kesiapan Panwascam untuk Awasi Kampanye Terbuka dan Media

Bawaslu Pertajam Kesiapan Panwascam untuk Awasi Kampanye Terbuka dan Media

Cirebonplus.com (C+) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cirebon menggelar rapat koordinasi (rakor) pengawasan kampanye media dan rapat umum Pemilu 2019, Kamis (21/3). Pesertanya, anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Cirebon.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Cirebon, Rahmat Hidayat mengatakan, diadakannya rakor ini memberikan pemahaman kepada anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Cirebon mengenai kampanye media dan rapat umum Pemilu yang akan dimulai 24 Maret.

“Ini rapat koordinasi menjelang kampanye di media dan kampanye rapat umum. Jadi, kampanye rapat umum itu dimulai 21 hari sebelum hari tenang 24 Maret. Teman-teman Panwascam harus bisa melakukan pengawasan bahwa apa yang diatur bisa dijalankan sesuai tahapannya,” ujar Rahmat kepada Cirebonplus.com usai membuka rakor di salahsatu hotel di Cirebon.

Rahmat menjelaskan, berdasarkan Perbawaslu Nomor 28 Tahun 2018, setiap anggota Panwascam harus bisa memastikan bahwa pelaksanaan kampanye media dan rapat umum yang dilakukan peserta Pemilu sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 7 dan PKPU Nomor 23 Tahun 2018.

“Panwascam harus bisa memastikan kalau kampanye di media dan rapat umun sesuai UU No 7 dan PKPU No 23 Tahun 2018 bahwa rapat umum dilakukan di tempat terbuka. Begitu juga apa yang dilarang dalam kampanye, misalnya melibatkan anak-anak dan memberi materi lainnya. Jadi teman-teman Panwascam harus bisa memastikan itu tidak terjadi,” lanjutnya.

Sedangkan dalam kampanye media, Rahmat menegaskan, sudah diatur iklan di media cetak (koran) maksimal 810 mm atau satu halaman, media TV selama 30 detik, media elektronik radio selama 60 detik. (Muhamad Surya/C+3)

Related posts