kuping kiri

Beredar Rekom Luthfi-Qomar, Demokrat Merapat ke PKB?

Beredar Rekom Luthfi-Qomar, Demokrat Merapat ke PKB?

Cirebonplus.com (C+) – Pagi menjelang siang foto pasangan H Mohamad Luthfi-H Nurul Qomar berseliweran di media sosial baik Facebook dan Whatsapp. Desain flyer dominasi warna merah dan putih yang membentuk pancaran cahaya itu bertuliskan Pemimpin Baru Kabupaten Cirebon 2018-2023.

Tak berapa lama, muncul surat rekomendasi untuk keduanya di jagat maya. Surat berkode Model B.1-KWK dan bernomor 2315/DPP-03/VI/I/2018 tentang Persetujuan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati.

Surat tersebut tidak berkop, tetapi terdapat tanda tangan HA Muhaimin Iskandar selaku ketua umum DPP PKB dan H Abdul Kadir Karding.  Surat tertanggal 6 Januari 2018 juga berstempel DPP PKB yang bermaterai.

Lalu partai mana yang akan diajak koalisi? Bila melihat H Nurul Qomar sebagai pasangannya, ada kemungkinan PKB akan berkoalisi dengan Partai Demokrat. Mengingat, Qomar merupakan kader partai bentukan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Cirebonplus.com mencoba konfirmasi ke salahsatu wakil ketua DPC Partai Demokrat Partai. Pria yang enggan disebutkan namanya itu mengatakan, saat ini tengah ada rapat di kantor DPC Partai Demokrat Jalan Fatahillah Perbutulan Sumber.

“Belum ada kabar pasti kang. Sebelumnya memang ada konfirmasi untuk Pilbup Cirebon paralel dengan Pilgub Jawa Barat koalisi Golkar dengan Demokrat,” kata dia.

Munculnya rekomendasi Luthfi-Qomar, lanjut dia, juga memunculkan pertanyaan di internal apakah Demokrat akan berbalik koalisi dengan PKB. Karena itu pihaknya belum bisa bercerita banyak hal tentang kepastian rekomendasi, sampai ada kabar final.

Bila koalisi PKB-Demokrat ini terwujud, maka sudah mengantongi 13 kursi atau 26 persen dukungan, cukup untuk mendaftarkan diri ke KPU. PKB memiliki 8 kursi di legislatif, sedangkan Demokrat punya 5 kursi. (*)

Laporan: Mahbullah

Related posts