kuping kiri

Beri Motivasi di Depan Mahasiswa Sewilayah III Cirebon, Yuningsih: Pemimpin Harus Jadi Teladan

Beri Motivasi di Depan Mahasiswa Sewilayah III Cirebon, Yuningsih: Pemimpin Harus Jadi Teladan

Cirebonplus.com (C+) – Seorang pemimpin, harus memiliki banyak talenta. Hal itu menyesuaikan dengan kompleksnya permasalahan yang dihadapi, ragam bidang yang ditangani, dan berbeda-bedanya karakter orang-orang yang dipimpinnya.

Pandangan tersebut disampaikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon, Hj Yuningsih MM dalam seminar kepemimpinan yang diselenggarakan Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Syariah  Ekonomi Islam (FSEI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon di kampus setempat, Sabtu (23/12). Tema seminar ini yaitu Kutitipkan Cita-cita di Pundakmu.

Kegiatan itu terselenggara atas kerjasama antara Dema FSEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan sejumlah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari berbagai kampus di wilayah III Cirebon. Peserta yang hadir, selain dari kampus IAIN, juga dari berbagai kampus di Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning).

Menurut Yuningsih, kepemimpinan harus memahami karakter setiap orang. Dengan pemahaman karakter yang cukup, maka akan muncul kebijaksanaan-kebijaksanaan sang pemimpin dalam memimpin.

Yang tak kalah penting, sambungnya, seorang pemimpin haruslah atau punya track record yang bisa dipercaya dalam menjaga amanah jabatannya. Jika tidak, maka dipastikan akan berpeluang menyalahgunakan kepemimpinannya untuk kepentingan pribadi, kelompok, atau golongannya.

“Sesungguhnya pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang dapat menjalankan amanat yang dipegangnya. Untuk urusan ini, selalu bergantung pada kualitas religiusitas sang pemimpin,” ujar perempuan yang saat kuliah aktif berorganisasi ini.

Kepemimpinan, lanjut dia, juga merupakan proses memengaruhi. Ia haruslah dapat memberi contoh baik dalam gerak-gerik dan tingkah lakunya.

“Hal lain yang harus dimiliki pemimpin adalah mengajak, memberitahu, dan memberi contoh. Dari situ yang dipimpinnya akan meneladani,” tutur politisi asal Gebang, Kabupaten Cirebon itu.

Khusus bagi perempuan, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berpesan agar memiliki keberanian untuk tampil ke depan menjadi seorang pemimpin. Hari ini, kaum perempan banyak yang menjadi pemimpin, mulai dari perusahaan, sekolah, organisasi, daerah, bahkan hingga tingkat negara. (*)

Laporan: Iklima

Related posts