kuping kiri

Berita Hoax Bisa Rusak Pilwalkot Cirebon, Waspadalah!

Berita Hoax Bisa Rusak Pilwalkot Cirebon, Waspadalah!

Cirebonplus.com (C+) – Ketegangan antarelemen masyarakat akibat berita bohong (hoax) terus terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Ancaman ketegangan akibat berita hoax juga bisa terjadi dalam proses demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada), termasuk di Kota Cirebon.

Karena itu Kapolres Cirebon Kota (Ciko), AKBP Adi Vivid Agustiadi Bachtiar meminta secara khusus kepada masyarakat agar agar waspada dan tidak mudah terprovokasi oleh berita-berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hal itu disampaikan di sela-sela simulasi pengamanan PIlwalkot 2018 di lingkungan Balaikota Cirebon, Senin (11/12).

Kapolres mengakui bahwa informasi media sosial (medsos) bisa menjadi salahsatu ancaman paling besar dalam penyelenggaraan Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Cirebon yang akan digelar 27 Juni 2018. Di medsos yang mudah diakses masyarakat, berita hoax bisa dengan mudah menyebar.

“Berita hoax bisa menyulut reaksi masyarakat,” kata kapolres kepada para wartawan seraya mengatakan, Polres Ciko sudah siap mengantisipasi masalah tersebut dengan membentuk tim khusus cyber.

Tim cyber, sambungnya, akan berpatroli di media social. Memonitor berbagai informasi dan perkembangan isu yang ada di media sosial.

Ciri berita hoax atau informasi media sosial yang berpotensi memancing reaksi adalah yang bermuatan adu domba antarcalon walikota dan wakilnya. Karena itu ia berharap masyarakat bisa menyaring informasi di dunia maya. (*)

Laporan: Tim Redaksi

Related posts