kuping kiri

Bode Lor Pertahankan Rekor Kurban Terbanyak, Tak Perlu Antre Semua Warga Dapat Jatah

Bode Lor Pertahankan Rekor Kurban Terbanyak, Tak Perlu Antre Semua Warga Dapat Jatah

Cirebonplus.com (C+) – Sepertinya rekor pemotongan hewan kurban terbanyak tingkat Kabupaten Cirebon belum bergeser dari Desa Bode Lor.  Hampir satu dasawarsa, kekompakan warga desa ini dalam beribadah kurban setiap Hari Raya Idul Adha belum “terkalahkan”.

Idul Adha tahun ini yang jatuh pada hari Rabu (22/8), total hewan kurban yang siap disembelih mencapai 152 ekor. Rinciannya, sapi sebanyak 29 ekor dan kambing berbagai jenis 123 ekor.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Mu’tamarul Huda Desa Bode Lor, H Solihin Busyaeri kepada cirebonplus.com mengatakan, semua hewan kurban disembelih di Hari Raya Idul Adha. Dari hewan kurban sebanyak itu, menghasilkan sekitar 5 ton daging.

Solihin mengatakan, setelah dipotong daging yang layak didistribusikan kepada masyarakat dikemas dalam kantong plastik. Berat daging setiap kemasan 1 kg.

Apakah semua daging hanya untuk warga  Desa Bode Lor? Ternyata tidak. Menurut wakil ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon itu, bila hanya untuk masyarakat Bode Lor, pasti berlebih. Karena itu, masyarakat tetangga desa juga ikut kebagian.

Untuk di Desa Bode Lor, lanjut dia, jumlah kepala keluarga (KK) sebanyak 3.120, semuanya terbagi. Sisanya, untuk warga luar desa yang datang ke tempat pemotongan.

“Semua warga Desa Bode Lor kebagian. Mereka juga tidak perlu antre untuk mendapatkan daging. Pasalnya, tradisi kami, petugas yang akan mendistribusikannya dari rumah ke rumah,” ujar wakil ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon itu kepada cirebonplus.com.

Pantauan cirebonplus.com, semua hewan kurban ditempatkan di halaman Masjid Mu’tamarul Huda. Sedangkan pemotongannya dilakukan secara professional dan steril di samping balai desa. (*)

Laporan: Anshori

Related posts