kuping kiri

Dapat Hibah 5 Unit BRT, Dishub Kota Cirebon Belum Tentukan Rute

Dapat Hibah 5 Unit BRT, Dishub Kota Cirebon Belum Tentukan Rute

Cirebonplus.com (C+) – Rabu (19/12) Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon mendapatkan hibah unit 5 Bus Rapid Transit (BRT) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Hibah dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat yang diberikan langsung Gubernur Jawa Barat, HM Ridwan Kamil kepada Dinas Perhubungan Kota Cirebon di Bandung.

Keberadaan BRT diharapkan bisa meningkatkan pelayanan Pemkot Cirebon kepada masyarakat. Termasuk meningkatkan kunjungan pariwisata di dari berbagai daerah ke Kota Cirebon.

Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH mengaku berterima kasih atas hibah BRT. Hal itu merupakan suatu langkah maju dari pemerintah provinsi untuk mengembangkan kota dan kabupaten yang ada di Jawa Barat, khususnya Kota Cirebon.

Azis sangat berharap, keberadaan BRT bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kota Cirebon. Khususnya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan transportasi dengan biaya yang terjangkau, cepat, nyaman, dan aman. Termasuk mengurangi kemacetan dan polusi.

Bahkan tidak hanya itu, keberadaan BRT juga diharapkan bisa membuat tingkat kunjungan wisatawan di Kota Cirebon lebih meningkat lagi. Ini pun sesuai dengan keinginan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, agar Jawa Barat menjadi provinsi pariwisata, sehingga bisa meningkatkan pendapatan asli daerah.

Untuk penggunaan bus, lanjut Azis, harus disesuaikan dengan pemberi hibah dan melalui berbagai pertimbangan dari dinas terkait yaitu Dinas Perhubungan Kota Cirebon.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Drs H Atang Hasan Dahlan MSi mengungkapkan bahwa pihaknya masih mengkaji rute mana saja yang nantinya akan dilalui oleh BRT.

“Rencananya kita ingin menjangkau daerah di Kota Cirebon yang belum terlayani angkutan umum,” ungkap Atang. Mereka pun telah menyiapkan biaya untuk operasional pertama BRT tersebut. (Dewo/C+2)

Foto: Istimewa DKIS 

Related posts