kuping kiri

Dewan Berharap Dinkop UKM Tak Hanya Bekali Life Skill, tapi Bantu Alat Produksinya

Dewan Berharap Dinkop UKM Tak Hanya Bekali Life Skill, tapi Bantu Alat Produksinya

CIREBON (Ci+) – Awal pekan lalu Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Cirebon menggelar rapat koordinasi (rakor). Sejumlah stakeholders diundang, di antaranya anggota DPRD dan Bagian Perekonomian Setda.

Isi rakor di antaranya membahas tentang perencanaan program kerja Dinkop UKM untuk tahun 2018 mendatang. Sejumlah pihak pun diberi kesempatan untuk menyampaikan gagasannya.

Anggota DPRD Kabupaten Cirebon yang ikut dalam rakor, Pandi SE mengungkapkan, sepertinya pada tahun 2018 mendatang programnya lebih banyak tentag pelatihan life skill, perkoperasian, dan kewirausahaan. Ia menganggap rencana program tersebut positif, tetapi ada beberapa catatan.

Menurutnya, selain pelatihan, Dinkop ke depan diharapkan bisa memberikan alat kerjanya. “Jadi tidak hanya pengetahuannya saja, alat untuk mengaplikasikan pengetahuan yang didapat juga sangat penting,” ujar dewan daerah pemilihan (dapil) I itu.

Bantuan peralatan bisa dibilang sebagai kail. Ia mengibaratkan, cara mengail saja tidaklah cukup. Orang akan lebih produktif ketika diberi kail.

“Untuk UKM alat produksi misalnya. Sedangkan untuk koperasi misalnya seperangkat komputerisasi sistem manajemen,” kata dia. (*)

Related posts