kuping kiri

Dewan Ingatkan Pemkab agar Pembangunan TPA Tak Rugikan Warga

Dewan Ingatkan Pemkab agar Pembangunan TPA Tak Rugikan Warga

SUMBER (Ci+) – Kekhawatiran masyarakat terhadap rencana pembangunan 3 Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) di Kabupaten Cirebon dinilai wajar. Karena itu, anggota Komisi II DPRD Kabupaten Cirebon, Pandi SE memperingatkan Pemkab Cirebob dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar bisa meyakinkan warga bahwa TPA yang akan dibangun tidak merugikan.

Menurutnya, semua tempat yang rencananya akan dibangun TPA harus benar- benar memenuhi syarat, baik kajian lingkungan seperti resapan tanah, potensi pencemaran udara, bukan tanah produktif, hingga lalu lintas kendaraan sampah tidak melintas di permukiman.

Untuk meyakinkan warga, sambungnya, pemkab juga harus memenuhi tuntutan agar hasil kajian disampaikan secara terbuka. “Intinya pemerintah harus benar-benar bisa menyampaikan secara terbuka bila TPS tersebut tidak merugikan warga,” kata bendahara Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) itu kepada cirebonplus.com, Kamis (12/1).

Komisi II sendiri sudah meninjau lokasi bersama Dinas Lingkungan Hidup, terutama untuk TPA Cipanas, Kecamatan Dukupuntang. Meskipun dinas telah menegaskan tak akan menimbulkan dampak lingkungan, tetapi harus mendengar juga pendapat warga.

Dewan juga akan mengawasi proses pembangunannya untuk memastikan TPA yang dibangun benar-benar tidak merugikan masyarakat sekitar. Termasuk pembebasan lahan, supaya tidak ada pihak baik desa maupun masyarakat yang dirugikan.

“Hasil hearing, nanti di lokasi TPA Cipanas misalnya, 16 hektare lahan itu juga untuk fasilitas pengolahan. Jadi akan ada pengelolaan seperti pembakaran dan penyortiran, sehingga bisa meminimalisir dampak lingkungan. Kita akan awasi ” pungkas wakil rakyat daerah pemilihan I itu. (*)

Laporan: Mahrus Ali

Related posts