kuping kiri

Dian Hernawa Susanti Resmikan Gerbang Timor Leste

Dian Hernawa Susanti Resmikan Gerbang Timor Leste

Cirebonplus.com (C+) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon, Hj Dian Hernawa Susanti (DHS) datang ke daerah Timor Leste, Minggu (31/12). Anggota dewan dari Fraksi PDI Perjuangan itu diundang untuk meresmikan gerbang yang menjadi pintu masuk wilayah tersebut.

Eit jangan salah, Timur Leste yang dimaksud bukan negara tetangga yang dulu masuk provinsi Indonesia, sebelum merdeka lewat proses referendum. Timor Leste adalah nama salahsatu blok di Desa Tegalgubug, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon.

Pantauan cirebonplus.com, ratusan warga Desa Tegalgubug dan Tegalgubulor menyaksikan peresmian gapura megah di Blok Timor Leste. Acara itu difasilitasi komunitas Gabungan Antar Warga Tegalgubug dan Tegalgubuglor (Gawatt).

Tampak pula ikut mendampingi Kuwu Tegalgubug H Supriyatno, perwakilan dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cirebon, dan tokoh masyarakat setempat. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh DHS.

Dalam kesempatan itu DHS mengatakan, sebagai wakil rakyat pihaknya akan terus mengawal aspirasi warga. Terlebih, di desa-desa yang masuk ke dalam daerah pemilihan (dapil) II, termasuk Tegalgubug.

“Saya dengan tegas mengatakan siap untuk terus mengawal aspirasi masyarakat sampai ke meja dewan eksekutif. Saya apresiasi kepada teman-teman Gawatt yang sudah mempersembahkan karya terbaiknya berupa gapura yang megah,” ujar DHS.

Ia juga mendukung perjuangan Gawatt dalam membangun desa yang maju, mandiri dan indah. Pihaknya juga akan bekerjasama dengan Pemerintah Desa Tegalgubug.

DHS prihatin dengan kondisi permukiman Blok Timor Leste. Ia melihat masih banyak hunian yang pagarnya memakai bambu, seolah mencerminkan kurangnya perhatian pemerintah daerah, baik infrastruktur maupun perekonomin.

Sementara itu, Kuwu Tegalgubug, H Supriyatno mengatakan, pemerintah desa akan menganggarkan untuk perbaikan infrastruktur di tahun 2019. Karena tahun 2018 tekstur tanahnya masih lembab. Relatif lama menunggu sampai tanahnya keras dan siap untuk diaspal.

“Dengan diawali pembangunan gapura ini, kami meminta dukungan berbagai pihak agar kondisi infrastruktur dan sumber daya manusia di Blok Timor Leste makin baik,” tuturnya.
Acara dimulai pukul 10.10 yang dibuka dengan hiburan musik gambus El Karomah. Dilanjutkan dengan seremonial dan penerbangan balon ke udara.

Masyarakat tampak antusias dengan diundinya berbagai doorprize yang memperebutkan hadiah utama sepeda motor.

Ketua Gawatt, Andi Sugiyanto menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas terlaksananya pembangunan gapura. Dana pembangunannya murni dari swadaya masyarakat.

Alhamdulillah hari ini gapura sudah diresmikan. Mari kita jaga untuk keindahan Blok Timor Leste menjadi kampung berwarna dan mudah-mudahan program selanjutnya tercapai,” kata dia. (*)

Laporan: Mahbullah

Related posts