kuping kiri

Diduga Selewengkan Surat dan Kotak Suara, Ketua dan Bendahara Pilwu Kaliwedi Dicopot

Diduga Selewengkan Surat dan Kotak Suara, Ketua dan Bendahara Pilwu Kaliwedi Dicopot

Cirebonplus.com (C+) – Diduga selewengkan surat dan kotak suara, Ketua dan Bendahara Pemilihan Kuwu (Pilwu) Desa Ujungsemi, Kecamatan Kaliwedi, Kabupaten Cirebon, M Kholid dicopot dari jabatannya.

Ketua BPD Desa Ujungsemi, Kadula mengatakan, sekitar pukul 23.30 WIB dirinya mendapatkan laporan adanya dugaan pengiriman kotak dan surat suara pilwu ke rumah salahsatu panitia pilwu. Dirinya mengecek kebenaran agar tidak terjadi gejolak di masyarakat.

“Pukul 23.30 saya diberitahu ada gejolak masyarakat menengenai mobil logistik yang mengantarkan surat dan kotak suara ke rumah panitia. Mendengar hal tersebut, saya langsung saya ke balai desa agar tidak terjadi gejolak yang menimbulkan kericuhan,” ujarnya.

Dijelaskannya, setelah mengecek kelapangan ternyata benar terjadi dan mendapati adanya mobil yang membawa surat dan kotak suara di rumah M Kholid. Oleh karenanya. Dirinya langsung meminta petunjuk unsur Muspika untuk mengamankannya di Polsek Kaliwedi.

Diakuinya, akibat kejadian tersebut langsung digelar musyawarah untuk mencopot ketua dan digantikan Wakil Ketua Ketua Panitia Nuridin SPdi. serta juga melakukan pergantian Bendahara Pilwu Desa Ujungsemi.

“Selanjutnya saya minta petunjuk unsur muspika, polsek dan koramil. Sehingga, diadakanlah musyawarah dan disepakati ketua  dan bendahara pilwu diganti,” tegasnya.

Sementara itu Pengawas Kecamatan Kaliwedi, Mulyani membenarkan adanya kejadian hal tersebut. Pengiriman logistik seharusnya dilakukan ke Sekretariat Desa. Tapi, malah dikirim ke rumah ketua pilwu.

Mulyani juga membenarkan, akibat kejadian itu ketua dan bendahara langsung dicopot untuk menghindari hal yang kurang kondusif di masyarakat. Pihaknya berharap agar suasana kondusif, aman, damai dan demokratis dapat di wujudkan dalam proses pilwu ini.

“Untuk menghindari hal tidak diinginkan unsur muspika yang bertugas mengamankan pilwu di Kecamatan Kaliwedi mengambil inisiatif mengamankan mobil logistik ke polaek kaliwedi, dan menggelar musyawarah. Hasilnya ketua dan bendahara diganti. Alhamdulillah, suasana kembali komdusif,” tandasnya.

Sementara itu, pengganti Ketua Pilwu Desa Ujungsemi, Nurudin menuturkan, berharap pilwu berjalan aman, damai serta suasana kondusif dan demokratis. Sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang dapat membawa ujungsemi lebih maju lagi.

“Setelah kejadian tersebut, saya berharap pilwu akan berjalan lancar dan aman serta demokratis. Sehingga akan menghasilkan pemimpin yang sesuai keinginan masyarakat dan amanah,” pungkasnya. (SIR)

Related posts