kuping kiri

Difasilitasi LPT-PCNU, STIKes Mahardika Beri Beasiswa untuk Para Santri

Difasilitasi LPT-PCNU, STIKes Mahardika Beri Beasiswa untuk Para Santri

Cirebonplus.com (C+) – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mahardika Cirebon siap memberikan beasiswa bagi santri berprestasi. Hal itu disampaikan Ketua Yayasan Mahardika, H Hediyana Yusuf saat kedatangan tamu dari pengurus Lembaga Perguruan Tinggi (LPT) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon, Selasa (23/10).

Menurut Hediyana, sebagai bagian dari keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU), melalui STIKes Mahardika ia ingin ikut memberikan perhatian pada dunia santri dan penguatan religiusitas bagi para mahasiswanya. Hal itu ia tunjukkan dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berlatar belakang santri.

Tidak hanya dari Cirebon, tetapi juga kepada mahasiswa santri dari wilayah III Cirebon. Karena itu pihaknya menyambut baik inisiatif LPT PCNU Kabupaten Cirebon untuk bekerjasama memfasilitasi seleksi beasiswa, sehingga bisa termanaje atau dikelola dengan baik.

“Konsep yang diajukan LPT PCNU bagus. Memang lebih baik ada yang memfasilitasi, sehingga ada seleksi calon mahasiswa penerima manfaat beasiswa dari kami untuk benar-benar memuhi syarat, baik latar belakang ekonomi keluarga maupun prestasi akademik,” papar pria yang masuk dalam Mustasyar PCNU Kota Cirebon itu.

STIKes Mahardika, lanjut dia, siap memberikan 1 kuota beasiswa full studi hingga lulus kepada santri melalui LPT PCNU. Mahasiswa hanya membayar biaya praktik menjelang akhir studi, karena itu kebijakan rumah sakit sebagai tempat praktikum.

Selain itu, pihaknya juga siap memberikan beasiswa bebas biaya Dana Pembangunan (DP) bagi mahasiswa yang mendapatkan rekomendasi dari LPT PCNU. “Untuk bebas DP silahkan LPT PCNU mengajukan sebanyak-banyaknya,” kata dia.

Wakil Sekretaris PCNU Kabupaten Cirebon, Kalil Sadewo dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas kepedulian STIKes Mahardika terhadap kalangan santri, terutama yang di bawah naungan organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Apalagi momennya sangat tepat, sehari setelah peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018.

Menurutnya, biaya pendidikan di perguruan tinggi konsentrasi kesehatan sangatlah besar bagi kalangan santri, karena itu 1 kuota beasiswa full bila dikonversikan bisa mencapai puluhan juta.

Dikatakan, untuk merespons kepercayaan tersebut pihaknya akan memfasilitasi proses seleksi yang baik dan terbuka, guna mencari santri lulusan MA, SMA, atau SMK yang benar-benar terbaik secara akademik maupun moral. “Kami akan dorong agar seleksi yang dilakukan LPT PCNU Kabupaten Cirebon diarahkan agar menghasilkan calon mahasiswa yang kualitasnya lebih baik dari mahasiswa lainnya nonbeasiswa,” kata dia.

Ketua LPT PCNU Kabupaten Cirebon, Manshur mengatakan, pihaknya akan segera menyusun memorandum of understanding (MoU) sebagai legal formal kesepakatan kerjasam dengan STIKes Mahardika. Selanjutkan akan membuat konsep seleksi yang baik bagi para santri NU yang tersebar di seluruh Kabupaten Cirebon.

“Terima kasih kepada STIKes Mahardika atas kepercayaan kepada kami. Mudah-mudahan beasiswa yang diberikan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” tambah dia. (Abdullah)

Related posts