kuping kiri

Diteken Kemenkumham, Bangunan Eks Lapas Indramayu Resmi Milik Pemkab

Diteken Kemenkumham, Bangunan Eks Lapas Indramayu Resmi Milik Pemkab

Cirebonplus.com (C+) – Bangunan eks Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang berada di Jalan RA Kartini Indramayu akhirnya telah resmi menjadi milik pemerintah kabupaten (pemkab). Hal itu setelah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui Kanwil Kemenkumham Jawa Barat menyerahkan hibah barang milik negara itu kepada Pemkab Indramayu.

Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemkab Indramayu dengan Kemenkumham dilakukan Bupati Indramayu, H Supendi dengan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-B Indramayu,  Sulistiyadi, Jumat sore (10/5) di Pendopo Indramayu.

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Ceno Hersusetiokartiko menjelaskan, proses hibah ini diawali dengan adanya surat permohonan dari bupati Indramayu tentang tukar guling atau tukar hibah dengan Nomor Surat 032/311.a/DKD tanggal 29 Februari 2016. Atas dasar surat itu,  selanjutnya Kemenkumham Kanwil Jawa Barat melalui Biro Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) melakukan survei lapangan untuk melihat langsung objek barang yang dimaksud.

Akhirnya, setelah melalui proses panjang selama 3 tahun, Kemenkumham melalui Kementerian Keuangan selaku pengelola barang menyetujui hibah tersebut dengan keluarnya Surat Persetujuan Nomor S-91/MK.6/KN.5/2019 tanggal 04 Maret 2019.

Barang dari Kemenkumham RI yang diserahkan ke Pemkab Indramayu yakni tanah bangunan kantor dengan luas 3.880 meter persegi,  bangunan gedung LP kelas II dengan luas meter persegi,  dan asrama semi permanen seluas 100 meter persegi.

Sementara itu, barang milik Pemkab Indramayu yang diserahterimakan yakni tanah yang digunakan oleh kantor Rupbasan 9.900 meter persegi dan telah dipinjampakaikan sejak tahun 2003, tanah sawah seluas 6.425 meter persegi yang telah dipinjampakaikan untuk pembinaan warga binaan lapas sejak tahun 2007, serta gedung serba guna seluas 502,47 meter persegi.

Bupati Supendi mengatakan, dengan adanya serah terima barang milik negara tersebut, maka Pemkab Indramayu punya kewenangan dalam memfungsikan bangunan gedung eks lapas yang sudah berdiri sejak lama itu.

Diakui Supendi,  keberadaan bangunan eks lapas posisinya berada di tengah Kota Indramayu dan tidak difungsikan sebagimana mestinya. Selama ini pemkab tidak punya kewenangan untuk melakukan rehabilitasi dan pemeliharaan karena gedung tersebut merupakan aset Kemenkumham.

“Dengan adanya hibah ini kita sekarang punya kewenangan untuk melakukan rehabilitasi dan pemeliharaan gedung itu. Nanti kita akan bahas penggunaannya apakah masuk heritage ataukah bisa dipergunakan untuk fungsi lain,” kata Supendi.

Sementara itu terkait dengan hibah aset pemerintah daerah kepada Kemenkumham yang ada di Indramayu diharapkan dapat lebih meningkatkan pelayanan instansi tersebut kepada masyarakat.

Tampak hadir pada kesempatan itu jajaran Kemenkumham,  Ketua DPRD Indramayu Taufik Hidayat,  Sekretaris Daerah Rinto Waluyo,  dan Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Indramayu. (Redaksi/Rilis)

Related posts