kuping kiri

Lima Hari Menumpuk di TPSS, Sampah Kota Mulai Diangkut ke TPA Kopiluhur

Lima Hari Menumpuk di TPSS, Sampah Kota Mulai Diangkut ke TPA Kopiluhur

Cirebonplus.com (C+) – Setelah hampir seminggu tidak diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kopiluhur, kemarin (4/9), sampah yang menumpuk di sejumlah Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) Kota Cirebon telah diangkut. Proses pengangkutan dipantau langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Drs H RM Abdullah Syukur MSi.

Dalam rilisnya di laman portal Pemkot Cirebon, Syukur mengatakan, yang sudah diangkut baru sampah di 2 TPSS. Proses pengangkutan sampah di TPSS lain akan kembali dilakukan hari ini.

Sampah yang diangkut masing-masing di TPSS Jalan Wahidin dan TPSS Penggung. Pembersihan dan pengangkutan sampah di dua TPSS tersebut menggunakan dum truk dengan kapasitas pengangkutan sampah sebesar 6 meter kubik.

“Kegiatan pembersihan dan pengangkutan sampah telah dilaksanakan di dua TPSS. Sebanyak 7 dum truk dikerahkan untuk mengangkut sampah di satu titik saja,” ungkap Syukur.

Pengangkutan sampah-sampah tersebut, lanjut Syukur dimulai sejak pukul 13.00 hingga 18.00. Pengangkutan dari TPSS menuju TPA tidak bisa dilakukan hingga malam hari, pasalnya akses menuju TPA rawan. Sehingga pihaknya akan melanjutkannya esok hari.

Direncanakan Rabu pagi pengangkutan sampah dari TPSS akan kembali dilanjutkan. Dimulai dari TPSS di ruas Jalan Kesambi Kota Cirebon. “Sedangkan untuk TPSS yang tidak terlalu banyak volume sampahnya saat ini sudah dibersihkan bersama dengan petugas,” kata Syukur. (*)

Laporan: Redaksi C+

Related posts