kuping kiri

Dugaan Investasi Bodong GI, Polres Cirebon Tetapkan 6 Tersangka

Dugaan Investasi Bodong GI, Polres Cirebon Tetapkan 6 Tersangka

Cirebonplus.com (C+) – Polres Cirebon akhirnya menetapkan enam orang sebagai tersangka dalam kasus dugaan investasi bodong Baitul Maal Watamwil (BMT) Global Insani (GI). Mereka antara lain Direktur Utama PT Surabraja Mandiri (SBM) HB, Komisaris PT SBM (AQ), Direktur BMT GI (SKY), Direktur I PT SBM (YEB), Direktur II PT SBM (AFB) dan Manajer Operasional Divisi BMT GI (HJ).

Hal itu diungkapkan Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto dalam konferensi pers di Auditorium Cakrabuana Mapolres Cirebon, Kamis (31/1). Sebelum menetapkan tersangka polisi sudah memeriksa 39 orang saksi dan memanggil 3 orang saksi ahli.

Menurutnya, modus operandi yang digunakan para tersangka adalah menghimpun dana dalam bentuk simpanan (investasi) berdasarkan prinsip syariah tanpa seizin Bank Indonesia (BI). Dalam menghimpun dana, melalui BMT GI mereka meyakinkan para nasabah dengan program Qiradh budidaya jahe dan jabon, serta program haji.

Atas perbuatan mereka sebanyak 4.300 nasabah GI mengalami kerugian. Total nilainya mencapai Rp77,987 miliar. Untuk nasabah yang sudah melapor ke posko pengaduan Polres Cirebon hingga saat  ini baru ada 144 orang.

Dikatakan, Polres saat ini juga tengah melakukan penelusuran terhadap asset-aset yang dimiliki. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, polisi menjerat para tersangka dengan pasal 9 ayat 1, junto pasal 5 ayat 1, junto pasal 22 Undang-Undang (UU) Nomor 21 Tahun 2008 dengan ancaman hukuman paling singkat 5 tahun dan maksimal 15 tahun penjara. (Dewo/C+3)

Related posts