kuping kiri

Fiks, 25 Februari NU Kabupaten Cirebon Gelar Konferensi Pemilihan Ketua

Fiks, 25 Februari NU Kabupaten Cirebon Gelar Konferensi Pemilihan Ketua

SUMBER (Ci+) – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon akan berakhir masa khidmatnya Maret 2017. Untuk menyiapkan kepemimpinan lima tahun berikutnya, PCNU akan menggelar konferensi cabang (konfercab) tanggal 25 Februari nanti.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Konfercab NU Kabupaten Cirebon, Saefudin Jazuli didampingi Wakil Sekretaris Muhammad Ajat. Menurut Kang Asep, sapaan akrab Saefudin Jazuli, berdasarkan hasil rapat dengan pimpinan PCNU, konferensi akan berlangsung di Pondok Pesantren (Pontren) Ulumudin Susukan.

Agenda utamanya, kata Kang Asep, pemilihan rois Syuriah dan ketua Tanfidziyah PCNU. Untuk rois dipilih melalui mekanisme Ahlul Halli wal Aqdi (AHWA) dan ketua tanfidziyah dipilih 40 MWC NU dan 1 suara PCNU.

Untuk memeriahkan kegiatan tersebut, panitia bersama badan otonom (banom) akan menggelar sejumlah acara prakonferensi. “Ada acara saresehan, diskusi, apresiasi seni, dan aneka lomba bernuansa Islami,” kata Kang Asep kepada cirebonplus.com, Rabu (18/1).

Dalam konferensi kali ini panitia mengusung tema Melalui Semangat Islam Nusantara Kita Rajut Kedaulatan dan Kebhinekaan, serta Meneguhkan NU Sebagai Rumah Kita untuk Semua. Pilihan tema tersebut tujuannya ingin membumikan Islam Nusantara di Kabupaten Cirebon.

Melalui konferensi ini, lanjut dia, NU ingin menegaskan bahwa Islam Nusantara adalah Ahlussunah wal Jamaah sebagai identitas keislaman yang tidak rasialis, radikalis, tekstual, ekstrimis, liberalis, atau formalis. Ini adalah tipologi atau ciri khas Islam di Indonesia yang melebur dengan budaya lokal. (*)

Laporan: Mahrus Ali

Related posts