kuping kiri

Forum BUMDes Kabupaten Cirebon Kopdar, Tukar Pengalaman dan Satukan Visi

Forum BUMDes Kabupaten Cirebon Kopdar, Tukar Pengalaman dan Satukan Visi

Cirebonplus.com (C+) – Dalam rangka menjalin tali silaturahmi, para pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Cirebon menggelar pertemuan atau mereka menyebutnya kopi darat (kopdar), Rabu (31/1). Kegiatan tersebut difasilitasi Forum BUMDes Kabupaten Cirebon.

Selain perkenalan satu sama lain, kopdar di kediaman Bendahara Forum Bumdes Kabupaten Cirebon, Yuyun Yuniarsih Desa Karangmalang, Kecamatan Karangsembung itu juga dimanfaatkan untuk menyamakan visi dan misi. Tujuannya, untuk memajukan potensi ekonomi di desa masing-masing.

Hal itu diakui Ketua Forum Bumdes Kabupaten Cirebon, Khusni Mubarok. Sejauh ini Khusni merasa resah dengan berbagai keluhan dari pengurus BUMDes, terutama terkait pengelolaan usaha dan manajemen yang masih belum optimal.

“Kami merasa resah dengan keluhan teman-teman pengurus BUMDes yang lain. Terkait kendala yang terjadi di desanya soal pengelolaan, baik dari segi usaha maupun manajemen, maka dari itu kami mengadakan kopdar ini,” papar Khusni seraya mengatakan, forum juga menjadi wadah tukar pikiran agar bisa maju bersama memanfaatkan potensi ekonomi desa melalui BUMDes.

Dia menceritakan, forum sudah terbentuk sejak November 2017. Untuk anggotanya, sesuai yang ada di grup Whatsapp baru sekitar 50-an, baik dari wilayah barat maupun timur Cirebon.

Ia berharap ke depan terus bisa bertambah. Di antara caranya adalah setiap koordinator kecamatan bisa merekrut di wilayahnya masing-masing untuk bergabung bersama Forum BUMDes.

“Kami berharap pemerintah daerah juga memfasilitasi tempat untuk sekretariat Forum BUMDes Kabupaten Cirebon ini agar aktivitasnya berjalan dengan lancer. Sehingga pengurus-pengurus BUMDes lain bisa berkumpul di sekretariat, karena maju mundurnya daerah juga tergantung desanya,” lanjut dia.

Untuk struktur, Ketua Forum BUMDes Kabupaten Cirebon diketuai oleh Khusni Mubarok dari BUMDes Palimanan Barat Kecamatan Gempol, Sekertaris Ria Fazriyah dari BUMDes Cigobang Kecamatan Pasaleman, dan Bendahara Yuyun Yuniarsih dari BUMDes Karangmalang Kecamatan Karangsembung.

Kopdar yang dimulai 12.30 itu dihadiri pendamping lokal desa dari Kecamatan Karangsembung dan Kecamatan Pasaleman. (*)

Laporan: Mahbullah

Related posts