kuping kiri

Hadiri Panjang Jimat, Pj Walikota: Tokoh Cirebon Berandil Besar Bangun Jabar

Hadiri Panjang Jimat, Pj Walikota: Tokoh Cirebon Berandil Besar Bangun Jabar

Cirebonplus.com (C+) – Salahsatu pejabat yang diundang dalam puncak acara Muludan, Panjang Jimat atau Pelal Rabu malam (21/11) adalah Penjabat Walikota Cirebon, Dr H Dedi Taufik MSi. Bagaimana pendapat kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat yang ditunjuk gubernur untuk mengisi jedah transisi pemerintahan di Kota Cirebon ini?

Dedi Taufik mengapresiasi upacara tradisi budaya Panjang Jimat yang digelar di Keraton Kasepuhan tersebut. Di antara manfaatnya, selain memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan melestarikan budaya turun temurun, pelaksanaan Panjang Jimat diyakini dapat mendorong pengembangan wisata religi di Kota Cirebon.

Panjang Jimat juga memiliki fungsi pencerahan pendidikan moral yang sesuai dengan visi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa barat yakni juara lahir dan batin,” sambung dia.

Dalam pandangan Dedi, tradisi Panjang Jimat merupakan momentum penting dalam tradisi budaya Cirebon yang telah dilakukan sejak ratusan tahun yang lalu. Menurutnya, ada andil besar para tokoh Cirebon dalam perjuangan membangun Jawa Barat dan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dedi yang duduk bersebelahan dengan Penjabat Bupati Cirebon, Dr H Dicky Saromi MSc menambahkan, tradisi Panjang Jimat juga mengandung simbol dan nilai perwujudan yang bernafaskan Islam. Karena itu harus tetap terpelihara.

“Bagi masyarakat Cirebon, sudah selayaknya menjaga dan melestarikan tradisi Panjang Jimat ini,” kata dia. (Kustano/Ril C+2)

Related posts