kuping kiri

Halal Bihalal IKAPMII, Pendiri: PMII Punya Kekhasan Pergerakan dan Harus Bermanfaat

Halal Bihalal IKAPMII, Pendiri: PMII Punya Kekhasan Pergerakan dan Harus Bermanfaat

Cirebonplus.com (Ci+) – Ratusan alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cirebon bertemu di Ciledug, Sabtu (15/7). Mereka bertemu dalam kegiatan bertajuk Halal Bihalal dan Reuni Ikatan Alumni PMII (IKAPMII).

Sejumlah tokoh Cirebon yang juga alumni PMII tampak hadir. Mereka antara lain KH Ibrohim Rozi, KH Husein Muhammad, KH Wawan Arwani, KH Nukhbatul Mankhub, Prof Dr H Jamali Sahrodi MAg, Dr Sutejo Ibnu Pakar, H Ahmad Yani MAg, Hj Ela Nurlaela, Hj Ijah Bahijah, dan sejumlah nama lainnya.

Tampak pula Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon KH Aziz Hakim Syaerozi bersama beberapa pengurusnya yang juga alumni PMII, tokoh muda HM Nuruzzaman, pengusaha percetakan Johandi, Direktur Fahmina Institute Rosyidin MAg, Direktur PT Narajeh Jatining Media (cirebonplus.com) Kalil Sadewo, dan Owner Supermarket Keramik H Rodia Alfarozi. Dua komisioner KPU Marzuki Rais dan Husnul Khotima juga hadir.

Ketua IKAPMII, Dr H Sutejo Ibnu Pakar menyampaikan, halal bihalal atau silaturahmi kali ini merupakan pra reuni akbar yang akan diadakan 1 Muharam 1439. Sejumlah perwakilan alumni menyampaikan berbagai mulai dari kenangan masa-masa pergerakan hingga pesan dan saran untuk IKAPMI dan PMII.

Menurutnya, alumni PMII tersebar berdiaspora di berbagai organisasi, ruang profesi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) hingga partai politik. Ia berharap di semua ruang itu alumni PMII dapat menjadi penggerak dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungannya.

KH Ibrohim Rozi yang diberikan kesempatan pertama menyampaikan pesan dan kesan mengatakan, PMII memiliki kekhasan dalam pergerakan dan peran di tengah masyarakat. Kemaslahatan bagi masyarakat harus diutamakan dan hendaknya alumni PMII bisa bermaanfaat di ruang manapun.

Menurutnya, berorganisasi dulu dengan sekarang berbeda. Salahsatu pelopor berdirinya PMII Cirebon itu menceritakan bagaimana PMII selalu diawasi oleh rezim masa lalu.

Perwakilan alumni Korps PMII Putri (Kopri) Hj Ela Nurlaela menyampikan, dulu kader PMII lebih banyak bergerak pada wilayah pengabdian masyarakat. Ia berharap saat ini juga bisa kembali pada napas pergerakan bersama-sama masyarakat, bukan demonstrasi-demonstrasi.

“Lihat lagi demo, lihat lagi demo. Saya berharap lebih banyak pengabdian langsung di masyarakat membantu mereka,” kata dia. (*)

Laporan: Muhibullah

Related posts