kuping kiri

Halmahera Pelajari Masalah Lalu Lintas Padat di Kota Cirebon

Halmahera Pelajari Masalah Lalu Lintas Padat di Kota Cirebon

Cirebonplus.com (C+) – Cirebon tergolong dalam kota kecil bila merujuk pada luas daerahnya. Tapi meskipun kecil, di siang hari kota ini tergolong kota tersibuk, terutama untuk wilayah timur dan pantura Jawa Barat.

Keramaian Cirebon membuat lalu lintas di kota ini padat di siang hari. Lebih padat lagi saat akhir pekan dan hari libur.

Kondisi tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs H Asep Dedi MSi saat menerima kunjungan kerja Komisi III DPRD Kabupaten Halmahera Selatan. Kunjungan dilakukan dalam rangka persiapan rancangan peraturan daerah tentang lalu lintas di daerah mereka, Selasa (19/2).

“Kota Cirebon ini kota kecil, kota tua dengan berbagai peninggalan bersejarah di dalamnya. Kota Cirebon juga dibentuk dari beragam etnis dan budaya yang sudah ada sejak lama,” ungkap Asep.

Karena itu, sambungnya, Kota Cirebon selalu menarik untuk dikunjungi wisatawan. Hotel pun berkembang. Dampaknya, lalu lintas tentu semakin padat.

Kepadatan lalu lintas semakin bertambah saat hari-hari libur tiba. Namun Kota Cirebon, telah memiliki peraturan daerah dan regulasi mengenai lalu lintas. Namun diakui masih banyak yang harus dibenahi untuk lebih tertibnya lalu lintas di kota ini.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Halmahera Selatan, Abdurahman Hamzah SHI mengungkapkan bahwa Kota Cirebon mereka pilih untuk melakukan studi banding dalam rangka persiapan rancangan peraturan daerah yang tengah mereka rancang saat ini. “Rancangan peraturan daerah tersebut inisiatif dari kami,” ungkap Abdurahman.

Dipilihnya Kota Cirebon karena mereka telah mempelajari beberapa peraturan daerah terkait lalu lintas dan keberhasilan juga cukup besar di Kota Cirebon. (Dewo/C+)

Related posts