kuping kiri

Hari Jadi Ke-573 Kabupaten Cirebon, Ada Prosesi Mapag Kanjen Dalem di DPRD

Hari Jadi Ke-573 Kabupaten Cirebon, Ada Prosesi Mapag Kanjen Dalem di DPRD

Cirebonplus.com (C+) – Beberapa rangkaian acara menjelang Hari Jadi (Harjad) Ke-573 Kabupaten Cirebon sebagian sudah dilaksanakan dan masih berjalan. Pemkab Cirebon juga selalu menjalankan tradisi di setiap Hari Jadi Kabupaten Cirebon.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon, R Chaidir Susilaningrat. “Seperti napak tilas, dan Ziarah sudah dilaksanakan kemarin diikuti para pejabat, dan stakeholders yang mendatangi tempat di mana terjadinya momen bersejarah,” ungkap Chaidir kepada Cirebonplus.com saat ditemui di ruangannya, Jumat (29/3).

Menurut Chaidir, pada tanggal 2 April 1482 Sunan Gunung Jati bertepatan dengan momen sejarah dibacakannya maklumat bahwa Cirebon berdiri sendiri sebagai satu negara. Hal itulah yang menjadi alasan jajaran pemerintah daerah dan Forkopimda berziarah ke Makam Sunan Gunung Jati.

Selain itu, pihaknya juga akan lakukan Rapat Paripurna Istimewa  DPRD yang akan menggunakan adat Cirebon. Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Cirebon dan berpakian adat Cirebon.

Namun, lanjut Chaidir, sebelum rapat paripurna akan dilakukan prosesi adat Mapag Kanjen Dalem. Prosesi tersebut akan berjalan dari kantor bupati ke halaman DPRD.

Menurut Chaidir, Mapag Kanjen Dalem ini berdasarkan sejarah Cirebon dan tradisi kerajaan Cirebon. “Biasanya pada momen upacara raja dan sultan keluar dari keraton diiringi oleh para pengageng atau pembesar, itu mencerminkan kedaulatan negara,” kata dia.

Untuk memeriahkan Harjad Kabupaten Cirebon, pihaknya juga akan laksanakan kegiatan aneka lomba pada cabang olahraga seperti balap sepeda dan sepakbola legislatif versus eksekutif. (Muhamad Surya/C+)

Related posts