kuping kiri

Hari Santri, Wagub Jabar Dorong Daerah Anggarkan BOS Santri

Hari Santri, Wagub Jabar Dorong Daerah Anggarkan BOS Santri

Cirebonplus.com (C+) – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, H Uu Ruzhanul Ulum hadir mewakili Gubernur Jawa Barat, H Ridwan Kamil dalam pembukaan Festival Tajug dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018. Bersama perwakilan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Uu membuka Festival Tajug pertama yang diadakan di alun-alun Keraton Kasepuhan Cirebon, Sabtu (20/10).

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Uu mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah menetapkan Hari Santri Nasional (HSN) setiap tanggal 22 Oktober. Kebijakan tersebut merupakan salahsatu bagian dari syiar Islam.

Selanjutnya Uu juga meminta kepada semua pihak, khususnya pemerintah daerah untuk bisa menganggarkan biaya pendidikan bagi santri. Di antaranya untuk dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk santri pesantren seperti yang diterima pelajar sekolah umum.

“Karena santri juga pelajar. Bagian dari tunas bangsa Indonesia yang harus diperhatikan,” sambung Wgub Uu.

Uu berharap, di tahun-tahun yang akan datang, pemimpin di negeri ini bisa menjadikan pondok pesantren sebagai bagian dari pendidikan formal, bukan lagi nonformal. Karena peran agama sangat penting dalam menumbuhkan karakter seseorang.

Sebelumnya, Pejabat (Pj) Walikota Cirebon, Dr H Dedi Taufik, MSi saat Opening Ceremony Festival Tajug dalam rangka HSN, mengapresiasi penyelenggaraan Festival Tajug. Ia yakin melalui kegiatan ini akan mendukung program pariwisata religi yang dimiliki Kota Cirebon dan sekitarnya.

Selain itu, pelaksanaan rangkaian Hari Santri sekaligus sebagai fungsi pendidikan yakni pencerahan pendidikan moral, kebijakan, perubahan, latar belakang rujukan, dan bukti kebenaran. “Semoga kegiatan ini bisa berjalan sukses ,” harap Dedi. (Ril/C+2)

Related posts