kuping kiri

HMJ PBA IAIN Cirebon Gelar Lomba Debat Berbahasa Arab Se-Jawa

HMJ PBA IAIN Cirebon Gelar Lomba Debat Berbahasa Arab Se-Jawa

Cirebonplus.com (Ci+) – Dalam rangka membumikan literasi bahasa Arab, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) menggelar lomba debat tingkat nasional. Kegiatan itu menjadi salahsatu mata acara Gebyar Bahasa Arab.

Kegiatan yang dipusatkan di Ma’had Al Jami’ah IAIN Syekh Nurjati digelar tanggal 2 sampai 6 Mei ini. Pesertanya berasal dari puluhan perguruan tinggi baik swasta maupun di Pulau Jawa.

Ketua pelaksana lomba, Dwi Ayu Nurkania memaparkan, lomba debat kali ini mengambil tema Membumikan Science Literacy Pendidikan Bahasa Arab di Nusantara. Sistem yang digunakan Asian Parliamentary.

“Lomba debat Bahasa Arab diadakan dengan sistem Asian Parliamentary, yaitu peserta dibagi per kelompok pro dan kontra. Kemudian beradu argumentasi,” ujar Dwi.

Selain debat berbahasa Arab, HMJ PBA yang biasa disebut ITLA’ juga menggelar lomba lainya, seperti menulis esai, menulis artkel, kaligrafi, Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK), dan tafsir puisi. Pesertanya pelajar SLTA dan mahasiswa.

“Kami berharap acara ini dapat meningkatkan ukhuwah Islamiyah. Juga dapat membumikan Bahasa Arab di nusantara,” pungkasnya. (*)

Laporan: Khoirul Anwarudin

Related posts