kuping kiri

Indopolling: Semua Daerah di Wilayah III Cirebon Dikuasai Banteng

Indopolling: Semua Daerah di Wilayah III Cirebon Dikuasai Banteng

Cirebonplus.com (C+) – JIKA pemilihan umum (pemilu) di Jawa Barat digelar saat ini, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal menjadi kampiun. Elektabilitas PDIP itu didapat berdasarkan hasil survei Indopolling Network.

Direktur Indopolling Network Wempy mengungkapkan, enam bulan jelang Pemilu 2018, baik Pemilu Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, PDIP masih unggul di Jawa bagian barat ini.

Menurutnya, berdasarkan hasil survei, elektabilitas PDIP di Jawa Barat sebesar 19,5 persen. Secara rinci, dalam rekap hasil survei, PDIP dominan di Jabar bagian utara yang meliputi Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Purwakarta, dan Subang serta Jabar timur meliputi meliputi Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka, dan Sumedang.

Di bawah PDIP, Partai Gerindra menyodok menempati posisi kedua dengan perolehan sebesar 18,6 persen. Keungunggulan Gerindra berdasarkan data Indopolling, menguasai Jabar di bagian barat, tengah dan selatan.

“Hasil survei menunjukkan elektabilitas Gerindra cukup mengejutkan. Hasilnya menunjukkan perubahan konstelasi politik di Jabar. Tingginya perolehan Gerindra menunjukan adanya afek dari elektoral pencapresan Prabowo-Sandiaga,” papar dia, Selasa (6/11).

Di bawah banteng moncong putih dan Gerindra ada Partai Golkar yang mendapatkan 13,5 persen dan PKS 12,3 persen. Survei Indopolling juga menunjukkan jarak yang jomplang antara dua partai yang dominan dengan partai lainnya. Misalnya PPP yang dapat skor 4,7 persen, PKB mendapatkan 4,3 persen, dan Partai Demokrat 3,4 persen.

Bagaimana dengan perolehan suara partai lainnya dalam survei Indopolling? Menurutnya, selain partai tersebut persentasenya di bawah 2.

Untuk alasan warga memilih PDIP, sambung dia, dari survei menunjukkan PDIP dianggap paling memuaskan oleh masyarakat Jawa Barat. Persentase kepuasannya mencapai 33,4 persen. (Ril/C+)

Related posts