kuping kiri

Indramayu Tuan Rumah Kontes Ternak Jawa Barat, Persiapan Sudah 60%

Indramayu Tuan Rumah Kontes Ternak Jawa Barat, Persiapan Sudah 60%

Cirebonplus.com (C+) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu siap menjadi tuan rumah Expo Peternakan dan Kontes Ternak Ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini akan digelar 23-24 Juli 2019 di komplek Gedung Olahraga (GOR) Singalodra.

Pelaksanaan kegiatan ini akan diikuti 27 peserta dari kabupaten/kota dengan kategori kontes sapi potong, kontes sapi perah, kontes domba garut, kontes kambing peranakan etawa, kontes ayam sentul hingga kontes itik.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indramayu, Rinto Waluyo mengatakan, persiapan Indramayu sebagai tuan rumah sudah mencapai 60 persen. Mulai dari kesiapan 70 stan pameran dan kondisi lapangan di kompleks GOR Singalodra, sekaligus penginapan bagi peserta perlombaan termasuk fasilitas untuk sejumlah hewan kontes.

“Persiapan sampai hari ini sudah mencapai 60 persen dari mulai stan pameran sampai lokasi di kompeks GOR Singalodra. Kemudian sudah siap tempat penginapan bagi 27 peserta kabupaten/kota termasuk fasilitas untuk hewan yang akan di konteskan nantinya,” katanya saat rapat persiapan kegiatan ini, Selasa (25/6).

Rinto menjelaskan, sangat beruntung terpilihnya kota manga sebagai tuan rumah Expo Peternakan dan Kontes Ternak Ke-38, karena akan memotivasi masyarakat sekitar untuk bergerak di bidang peternakan dan akan menunjukan bahwa Indramayu mempunyai peternak yang unggul.

“Ini momen yang luar biasa, karena akan menunjukan kepada daerah lain bahwa Indramayu mempunyai peternak yang unggul seperti yang ada di wilayah Majasari dan produk hasil peternakannya sudah diakui di tingkat Provinsi Jawa Barat,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Produksi Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat, Aida Rosana mengatakan, terpilihnya Indramayu sebagai tuan rumah karena Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) yang sudah mandiri sekaligus ingin mengembangkan potensi peternakan di Indramayu.

“Di Kabupaten Indramayu sudah ada perangkat daerah Disnakeswan yang telah berdiri secara mandiri. Ini menjadi kebanggan karena di Jawa Barat yang telah memiliki Disnakerswan baru Subang, Sukabumi dan Indramayu. Ini sangat bagus karena dapat meningkatkan dan mengembangkan peternakan di Indramayu yang memang potensial,” katanya.

Ia berharap, kegiatan tahunan itu dapat berjalan dengan baik mengingat akan banyak pengunjung dari luar daerah untuk melihat kontes ternak, sehingga dengan suhu Indramayu yang panas perlu adanya dukungan dari stakeholder seperti Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk menyediakan air untuk kebutuhan hewan.

“Mari sukseskan kegiata ini karena sejumlah tamu dari Jawa Barat dan luar Jawa Barat akan datang di Indramayu sehingga dengan panasnya suhu sejumlah stakeholdersdapat membantu menyediakan air untuk kebutuhan hewan jangan sampai kondisi hewan terganggu akibat panasnya suhu,” pungkasnya. (Abdullah/Ril)

Related posts