kuping kiri

Izin Ekspor Rotan Cirebon Masih Berbelit, di China/Vietnam Cepat dan Dapat Insentif

Izin Ekspor Rotan Cirebon Masih Berbelit, di China/Vietnam Cepat dan Dapat Insentif

Cirebon (Ci+) – Industri rotan Cirebon move on lagi. Begitu kira-kira apa yang digambarkan Ketua Umum Pusat Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), Ir H Sunoto.

Yang dimaksud move on adalah kembali bergeliatnya aktivitas produksi dan kebangkitan ekspor. Juga meningkatnya semangat para pelaku usaha rotan untuk kembali merengkuh kejayaan.

Menurut Sunoto, organisasi yang dipimpinnya ikut andil dalam membangkitkan lagi industri rotan Indonesia, terutama Cirebon. Tidaklah mudah, sebab sebelumnya vakum beberapa tahun akibat kebijakan dari Kementerian Perdagangan.

“Setelah 5-6 tahun vakum akibat kebijakan tidak populer zaman Menteri Marie Elka Pangestu dengan mengeluarkan kebijakan yang membuka kran ekspor rotan sekitar tahun 2005, kini berangsur membaik. Grafiknya naik, meski tidak signifikan,” kata pria yang dikenal kritis itu.

Sejauh ini, lanjut dia, sejumlah langkah telah dilakukan HIMKI. Salahsatunya adalah upaya untuk melindungi karya intelektual desain produk rotan.

HIMKI, sambungnya, memiliki instrumen untuk ikut ikut melindungi dan mengembangkan desain produk rotan. Pihaknya akan membantu untuk dipatenkan sebagai karya anak bangsa kepada lembaga Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

“Jangan sampai ada peniru. Karena itu HIMKI sudah punya program dan instrumen untuk melindungi karya intelektual tersebut,” tandasnya kepada cirebonplus.com saat memantau langsung pemasangan kursi rotan raksasa di jalan utama by pass Plered, Cirebon, Jumat (26/5).

Dikatakan, lambatnya pertumbuhan industri rotan di era kebangkitan ini faktor utamanya adalah berbelitnya proses perizinan. Untuk mengurus ekspor saja masih banyak prosedur.

Padahal, tambah dia, di dua negara pesaing ekspir rotan yakni China dan Vietnam izinnya cepat dan murah. Bahkan pemerintahnya memberikan insentif bagi para pengekspor rotan. (*)

Laporan: Kalil Sadewo

Related posts