kuping kiri

Jalan Utama di Darma Amblas, Bagaimana Rekayasa Lalin Kuningan-Majalengka?

Jalan Utama di Darma Amblas, Bagaimana Rekayasa Lalin Kuningan-Majalengka?

KUNINGAN (Ci+) Jalur utama penghubung Kabupaten Kuningan dan Majalengka lumpuh. Penyebabnya adalah amblasnya Jalan Raya Darma, Kuningan, tepatnya di titik Blok Cireungit, Desa Kawahmanuk, pada hari Jumat (17/2/2017) sekitar pukul 05.15.

Jalan selebar 12 meter itu hanya menyisakan sekitar 1,5 meter. Sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Untuk keselamatan, kendaraan roda dua pun tak disarankan melintas.

“Beruntung saat amblas tidak ada kendaraan melintas. Bakda subuh lalu lintas tak begitu ramai. Kami tahu karena ada warga yang menabuh kentongan jam 05.00 lebih,” kata Hendi, warga Desa Kawahmanuk kepada cirebonplus.com.

Menurutnya, amblasnya jalan bisa jadi karena pergerakan tanah akibat hujan yang terus mengguyur, terutama sore hari. Akibat amblasnya jalan, warga setempat sedikit banyaknya terganggu.

Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Tomex Kurniawan dalam pesannya ke sejumlah media mengatakan, dengan terputusnya jalu utama Kuningan-Majalengka yang merupakan akses menunju Ciamis, aparatnya langsung melakukan rekayasa lalu lintas. Kendaraan yang hedak melintas, dialihkan ke sejumlah jalan alternatif.

Untuk roda dua dan empat bisa menggunakan jalur alternatif jalan Desa Karanganyar Darma, menuju Desa Parung, lanjut ke Cidulang, dan keluar ke Cikijing Kabupaten Majalengka. Sedangkan dari arah Majalengka yang hendak menuju Kuningan juga bisa melalui jalan itu secara berlawanan.

Jika semua kendaraan mengakses jalur itu, dipastikan akan padat dan bisa macet. Karena itu, polisi mengalihkan kendaraan ke jalur lain misalnya melalui Desa Jagara, masuk Desa Sakerta Timur, kemudian Desa Sakerta Barat, tembus Desa Sukarasa, hingga keluar ke Desa Cipasung.

Lalu bagaimana untuk kendaraan roda enam atau lebih. Polisi mengalihkan ke Jalan Raya Caracas, Rajagaluh, dan Majalengka. (*)

Laporan: Kalil Baejeh

KETERANGAN FOTO (MS). Warga berkerumun di sekitar lokasi jalan amblas Desa Kawahmanuk, Darma, Kuningan, Jumat (17/3).

Related posts