kuping kiri

Jamaah Haji Kota Cirebon Mulai Berangkat 29 Juli

Jamaah Haji Kota Cirebon Mulai Berangkat 29 Juli

Cirebonplus.com (C+) – Kemenag Kota Cirebon menggelar Bimbingan Manasik Haji Masal/Ta’aruf 2019, Senin (24/6). Kegiatan manasik dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs H Asep Dedi MSi.

Dalam sambutannya Sekda Asep Dedi mengatakan, keberangkatan ibadah haji ke Tanah Suci harus dipersiapkan secara matang. Calon jemaah haji diharapkan juga bisa beribadah dengan nyaman dan khusyu selama berada di Tanah Suci.

“Setiap calon jemaah haji tentu sangat berharap untuk bisa beribadah dengan nyaman dan khusyuk selama berada di Tanah Suci,” kata Asep.

Karena itu, berbagai persiapan harus dilakukan selama berada di tanah air agar dapat beribadah dengan lancar dan nyaman selama pelaksanaan ibadah haji di tanah suci.

Asep juga berharap setiap calon jemaah haji bisa mengikuti bimbingan manasik ini dengan sebaik-baiknya. Ia juga berpesan agar setiap jamaah haji bisa menjalin komunikasi yang baik dengan sesama anggota kloternya.

“Jaga kesehatan. Jangan terlalu banyak pikiran, jaga pola makan,” pesan Asep.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kota Cirebon, Moh Mulyadi mengungkapkan, satu kloter Kota Cirebon terdiri dari 410 jemaah haji. Masing-masing terdiri dari 331 jemaah haji dari Kota Cirebon ditambah petugas kloter dan TPHD, 2 jamaah dari Kabupaten Cirebon dan dari Bekasi.

“Mereka akan berangkat tanggal 29 Juli 2019 dan dijadwalkan kembali ke tanah air lagi pertengahan Agustus,” ungkap Mulyadi.

Adapun suhu saat pelaksanaan ibadah haji di tanah suci nantinya diprakirakan mencapai 40 derajat celcius. Karena itu, sejumlah himbauan dikeluarkan untuk jemaah haji, di antaranya banyak minum air putih tapi bukan yang dingin, jangan terlalu sering keluar di siang hari serta perbanyak makan buah. (Dewo/Ril)

Foto: Pemkot Cirebon

Related posts