kuping kiri

Jangan Abaikan Kartu Kuning bagi Para Calon TKI ke Luar Negeri

Jangan Abaikan Kartu Kuning bagi Para Calon TKI ke Luar Negeri

CIREBON (Ci+) – Prosedur pendataan calon tenaga kerja Indonesia (TKI) harus ditempuh. Hal ini dalam rangka memudahkan calon TKI dalam berbagai hal. Di antara medianya adalah pembuatan kartu kuning di Disnakertrans Kabupaten Cirebon.

Hal itu disampaikan Rahenda Ahmad Sanusi, Fungsional Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Cirebon dalam kegiatan sosialisasi peluang kerja ke luar negeri dan migrasi aman di aula SMK Salafiyah Bode, Plumbon, Cirebon. Kegiatan diikuti para pelajar, pemuda, guru, dan masyarakat.

Hadir menyampaikan sosialisasi yang digelar Sabtu (18/3), perwakilan BNP2TKI, P4TKI, dan Disnakertrans Kabupaten Cirebon.

Rahenda menyampaikan, bagi pencari kerja perlu diketahui bahwa kartu kuning adalah modal awal dalam menjalani proses mencari kerja secara prosedural. Namun pada kenyataannya terkadang jarang ditempuh.

“Selain kartu kuning ada beberapa prosedur lain yang harus ditemu. Ini demi keamanan dan kenyamanan calon TKI,” ujarnya.

Menurutnya, peluang kerja ke luar negeri saat ini ada 8.000 yang mempunyai ID TKI. Terkait data lengkapnya ada secara terpusat di BNP2TKI.

Untuk peluang kerja di Kabupaten Cirebon sendiriada beberapa perusaahan, seperti Indofood. Ada juga kebutuhan bidang tehnik elektro dan tehnik las untuk PLTU, dan perusahaan lainnya.

“Kebanyakan yang datang untuk menginformasikan bursa kerja itu model marketing. Kami tetap mencari peluang untuk mengisi sektor industri. Kami selalu memberikan informasi bursa kerja di sekolah yang ada BKK. Di kabupaten Cirebon sudah ada 50 BKK,” paparnya. (*)

Laporan: Abdul Bari

Related posts